Resesi Nyata, Ini Dia 3 Skill yang Paling Dicari Biar Selamat

Foto: Freepik

Jakarta-Indonesia - Resesi yang dikhawatirkan akan segera terjadi jadi perhatian masyarakat. Banyak dari mereka yang takut adanya gelombang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).
Masyarakat perlu tetap berkompetisi di tengah keadaan ini. Untuk itu perlu memiliki skill serta kemampuan saat ancaman resesi terjadi.
Berikut 3 skill tersebut yang dirangkum dari CNBC Internasional, Sabtu (30/7/2022).

1. Fleksibilitas
Untuk menunjukkan ini, pada resume lamaran pekerjaan tambahkan contoh saat Anda harus menavigasi sejumlah peran, fungsi, atau departemen dalam bisnis. Seperti cara menangani masalah pada proyek penting, bagaimana mengajukan diri membantu mengerjakan hal yang ada di luar tanggung jawab, atau bekerja dengan tim berbeda.

Menonjolkan fleksibilitas pada resume atau CV menunjukkan Anda merupakan orang yang bisa bekerja pada saat waktu penuh ketidakpastian. Ini menjadi keterampilan yang sangat penting untuk dimiliki.

2. Project Management
Kepala ekonom ZipRecruiter, Julia Pollak mengatakan tantangan baru pasti muncul saat resesi. Saat ekonomi berubah, perusahaan akan mencari pekerjaan yang bisa mengidentifikasikan masalah baru, mengartikulasikan solusi dan membuat rencana ke depan.

Project Management disebut jadi skill yang dicari perusahaan. Untuk dapat memilikinya, ikuti kursus dan sertifikasi project management yang ditawarkan platform seperti Coursera dan LinkedIn.
"[Project management] adalah salah satu skill terbaik yang sangat dicari oleh perusahaan," kata Patrick Petitti, seorang ekonom dan CEO Catalant.

3. Komunikasi
Skill terakhir yang harus dimiliki dan diminati semua industri adalah komunikasi. Menguasainya bisa membantu terlihat menjadi kandidat yang berbeda.

"Bahkan jika Anda duduk di depan komputer untuk bekerja sepanjang hari dan melapor kepada satu orang, Anda memerlukan keterampilan interpersonal untuk bekerja dalam tim dan meyakinkan atasan bahwa pekerjaan Anda menambah nilai," kata Kory Kantenga, ekonom senior di LinkedIn.

Beberapa contoh keterampilan komunikasi, seperti presentasi, menyusun email, memberikan feedback, serta menegosiasikan kesepakatan bisnis.


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik