Tak Perlu Sering Gonta-Ganti, Begini Cara Merawat Ponsel Awet Bertahun-Tahun


Barang digital yang mayoritas digunakan oleh kebanyakan orang saat ini tentu saja Handphone. Handphone atau biasa kita sebut dengan HP memiliki fungsi yang besar bagi kita pada era digitalisasi ini. 

Ponsel sekarang menjadi kebutuhan dasar bagi banyak orang. Karena pada saat ini banyak pekerjaan adalah penting yang selalu melibatkan ponsel, jadi sulit untuk terpisah dari perangkat.

Jika HP  terasa penting di kehidupanmu, maka kamu wajib merawat dan menjaganya dengan baik. Hal itu agar HP selalu awet dan dapat kamu gunakan dalam jangka waktu lama.

Penggunaan HP yang kian meluas jumlah penggunanya termasuk anak-anak juga harus kamu awasi. Terkadang anak-anak selalu menggunakan HP dengan tidak hati-hati. Contohnya saat mereka sedang main game menggunakan HP, lalu mereka kalah dalam gamenya. Setelah itu mereka membanting HP sehingga tidak dapat digunakan lagi.

Selain pentingnya pengawasan terhadap HP maka perlu juga merawatnya dengan baik dan benar. Bagaimana cara menjaga dan merawat HP dengan baik dan benar?
Di sini kami menunjukkan kepada Anda cara merawat ponsel untuk bertahan selama bertahun -tahun.

1. Gunakan pengisi daya asli. 
Tips yang pertama ini termasuk paling vital. Karena menggunakan charger yang original dapat menjaga umur baterai ponsel jadi lebih tahan lama. Sebaliknya, jika menggunakan charger yang tidak original dengan standard kualitas HP, ketidaksesuaian itulah yang akan mengakibatkan cepat rusak.

Alasannya adalah selain membuat daya diisi perlahan, menggunakan pengisi daya yang tidak asli atau KW juga dapat merusak ponsel. Penggunaan Powerbank yang juga harus Anda hindari.

Ini karena panas Powerbank dapat menyebabkan kerusakan. Tentu saja Anda tidak menginginkan ini, bukan? Terutama jika semua urusan melibatkan banyak ponsel.

Anda harus lebih berhati -hati saat menggunakannya. Sebaliknya, gunakan Powerbank saat Anda dalam keadaan mendesak. Matikan ponsel Anda saat Anda tidak menggunakannya.

Dengan cara itu, ini memberi Anda waktu istirahat di ponsel sehingga Anda dapat bekerja lebih optimal ketika ponsel menyala lagi. Anda dapat mengistirahatkan smartphone Anda sejenak sebelum tidur di malam hari.

2. Simpan smartphone di tempat yang aman meskipun kedengarannya sepele.
Menyimpan ponsel di tempat yang aman juga penting untuk memperpanjang masa manfaat ponsel Anda. Ini karena kelalaian dapat terjadi ketika Anda meletakkan ponsel Anda dengan ceroboh.
Menyimpan ponsel di tempat yang aman, Anda dapat mengurangi risiko ponsel mengalami hal -hal yang tidak Anda inginkan. Misalnya, direndam dengan air, serpihan yang tergores atau benda -benda tebal di sekitar, jatuh dari ketinggian.

Selain itu, Anda juga harus ingat bahwa smartphone dengan layar sentuh memiliki sensitivitas tinggi. Untuk itu, Anda harus dapat memastikan bahwa smartphone yang Anda miliki disimpan di tempat yang aman, jatuh dari ketinggian.
Dalam upaya untuk mencegah, Anda juga dapat menggunakan perisai layar ponsel dan aksesori tambahan untuk melindungi ponsel goresan seluler.

3. Hilangkan cache juga harus dipertimbangkan sehingga ponsel ini dalam kinerja terbaik Anda untuk digunakan untuk waktu yang lama. Bahkan, data cache membantu aplikasi berfungsi lebih cepat dan lebih efisien.
Namun, data cache yang benar -benar terakumulasi membuat kinerja ponsel berkurang. Bahkan, itu dapat menyebabkan kesalahan dalam aplikasi.
Oleh karena itu, penting untuk menghapus data cache secara teratur sehingga kinerja smartphone dipertahankan dan tahan lama untuk digunakan. Anda dapat menghapus data cache setiap tiga hari atau bahkan seminggu sekali.

4. Hindari transmisi saat memutar film selama berjam -jam ketika ponsel diisi ke faktor baterai ponsel pintar yang cepat rusak. Ini terjadi karena pekerjaan smartphone berat ketika penuh energi.
Karena itu, Anda harus menghindari kebiasaan transmisi film saat charge baterai. Dengan begitu, tentunya ponsel cerdas Anda akan lebih tahan lama dan bisa kuat, menggunakan aktivitas Anda sepanjang hari karena perawatan baterai.

5. Selalu Rutin Membersihkan HP Dari Debu
Penggunaan HP yang fleksibel membuat kamu sering membawanya ketika bepergian dari rumah. Hal ini sontak membuat HP kamu rentan sekali terkena debu. Pasalnya, debu yang mengendap terlalu lama di HP akan mengakibatkan perangkat HP cepat panas. Jadi, setelah digunakan keluar rumah kamu harus rutin membersihkannya. Untuk alat pembersihnya sendiri sebenarnya cukup dengan menggunakan apapun jenis lap. Namun, jika menginginkan hasil pembersihan yang maksimal, gunakanlah lap microfiber atau lap kacamata.
Tips yang satu ini juga tidak kalah penting. HP memiliki perangkat yang sangat sensitif jika digunakan di suhu tinggi. Suhu normal pada penggunaan HP berkisar 16 hingga 30 derajat celcius saja. Jadi, jika kamu pergi keluar rumah, simpanlah HP di tempat yang sejuk dan aman, contohnya seperti tas.

7. Mengisi Daya Sesuai Kebutuhan
Banyak yang mengira mengisi daya HP 100 persen akan membuatnya menjadi lebih awet. Namun, itu semua salah, karena baterai ponsel sendiri berbahan dari lithium-ion (Li-on) yang kapasitasnya bisa menurun bila mendapatkan tegangan yang tinggi.
Perlu kamu ketahui juga lapisan lithium metalik baterai jika terus mendapat arus listrik, akan memicu baterai HP menjadi tidak stabil. Disarankan melakukan pengisian daya di rentang angka 30-80 persen agar voltase baterai tetap rendah, sehingga membuat baterai HP menjadi lebih awet tahan lama.

8. Jangan Bermain Games Saat HP Sedang Mengisi Daya
Main games adalah kebiasaan mayoritas anak zaman sekarang. Tak heran jika anak muda zaman sekarang menggunakan HP setiap waktu dan terkadang tanpa henti. Saat pengisian daya pun mereka tetap bermain games.
Ini harus kamu hindari, karena jika kamu melakukan pengisian daya sambil main HP, beban daya baterai akan membesar, sehingga menyebabkannya jadi lebih mudah drop. Kamu juga harus sering memfilter aplikasi apa saja yang menghabiskan RAM dan CPU dalam ponsel.

9. Gunakan Screen Protector Agar Layar HP Aman
Kamu kadang tidak hati-hati ketika menggunakan HP. Sampai-sampai HP mu jatuh ke lantai atau media yang bertekstur keras lainnya. Maka dari itu, kamu harus melindungi layar LCD HP dengan screen protector yang berkualitas.
Ini akan membantu melindungi HP dari benturan keras. Selain itu penggunaan screen protector juga dinilai aman dari benda-benda yang tajam. Jadi, ketika HP kamu jatuh atau terkena benda tajam, hanya akan menimbulkan goresan-goresan kecil saja.

10. Gunakan Antivirus
Sistem perangkat HP mu sangat rentan terkena virus. Virus tersebut datang dari bentuk spam aplikasi seperti pesan teks ataupun lampiran email. Jadi, kamu harus membersihkan sistem perangkat HP mu dengan antivirus minimal tiga hari sekali.

11. Menghapus Aplikasi Yang Tidak Penting
HP kamu pasti sering mengalami slow respons saat membuka ataupun menutup aplikasi. Ini disebabkan karena adanya beberapa aplikasi yang memakan RAM dan CPU cukup besar. Kamu harus menghapus aplikasi yang kira-kira tidak penting dan membuat performa HP menurun.***



#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik