Beli Solar dan Pertalite Bakal Wajib Pakai MyPertamina, Ini Cara Kerjanya


Jakarta, Berbagai cara dilakukan agar penyaluran BBM bersubsidi seperti solar dan Pertalite tepat sasaran. Salah satu yang tengah jadi opsi dengan memanfaatkan aplikasi MyPertamina untuk mengatur pembelian BBM tersebut. Bagaimana cara kerjanya?

Anggota Komite BPH Migas Saleh Abdurrahman menjelaskan ke depan orang yang berhak mengisi solar subsidi maupun Pertalite mesti melakukan registrasi dulu di aplikasi MyPertamina. Setelah itu, BPH Migas akan memverifikasi apakah orang tersebut berhak atau tidak membeli solar atau Pertalite.

"Ke depan kita akan, tentu lewat sosialisasi macam-macam, kita akan menggunakan MyPertamina. Jadi untuk konsumen JBT (jenis BBM tertentu), terutama JBT solar ini tuh dia mesti register dulu ke MyPertamina, siapa dia, kita verifikasi orang ini berhak untuk menerima," jelasnya kepada detikcom (2/6/2022).

Setelah disetujui, maka konsumen akan memiliki akses untuk membeli solar atau Pertalite. Saat akan membeli solar, dia bisa menunjukkan akses di aplikasi MyPertamina seperti QR code.

Jika tidak terverifikasi, maka orang itu tidak berhak membeli solar atau Pertalite. Ia harus membeli jenis BBM umum seperti Pertamax cs.

"Kemudian, ketika di approval maka nanti dia akan memiliki akses. Ketika dia masuk ke SPBU itu dia memiliki, bisa juga seperti QR dia bisa tunjukkan, dia bisa beli, tapi yang tidak diverifikasi orang itu tidak berhak menerima subsidi, dia tidak bisa, dia harus membeli JBU (jenis BBM umum)," ungkapnya.

Tambahnya, untuk merealisasikan hal tersebut perlu adanya revisi Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak. Sebab, Perpres itu mengatur siapa saja yang berhak menerima BBM subsidi.

"Langkahnya bagaimana, langkahnya satu kita mesti melakukan revisi dulu Perpres 191 Tahun 2014. Karena Perpres itu mengatur siapa yang berhak menerima, transportasi, nelayan, UMKM itu diatur di situ," ujarnya.


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik