Ini 6 Alasan Sebagian Orang Banyak Makan tapi Tetap Kurus

Foto: Ilustrasi (Photo by i yunmai on Unsplash)

Jakarta,  Sebagian orang rela melakukan diet ketat demi kurus, namun ada juga yang sulit menaikkan berat badan meski sudah makan banyak.
Keinginan untuk menaikkan berat badan biasanya muncul karena beragam alasan, seperti terlalu kurus atau ingin memiliki berat yang ideal. Ternyata ada beberapa faktor yang mungkin menyebabkan seseorang tetap kurus meski sudah makan banyak. Berikut beberapa di antaranya mengutip SehatQ:

1. Faktor genetik atau keturunan
Penyebab susah gemuk yang paling umum adalah karena faktor genetik atau keturunan. Kalau Anda sudah makan banyak tapi tetap kurus, cobalah lihat anggota keluarga yang lain. Apabila mereka memiliki keluhan yang sama, maka kemungkinan kondisi ini memang karena keturunan. Hal ini membuat metabolisme di tubuh berlangsung lebih cepat dari normal, meski Anda tidak mengidap penyakit apapun.

2. Sering beraktivitas fisik
Untuk Anda yang sering beraktivitas fisik, Anda juga bisa sulit gemuk. Ini terjadi jumlah kalori yang masuk seimbang dengan kalori yang keluar. Kondisi seperti itu biasanya terjadi pada para atlet profesional. Karena kebiasaan aktivitas fisik yang berat, mereka biasanya akan lebih sulit nambah berat badan.

3. Gaya hidup yang kurang sehat
Sering lupa makan akibat kesibukan yang tinggi bisa membuat Anda susah gemuk. Selain itu, untuk bisa menambah berat badan, Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang bergizi. Sehingga, jika Anda asal makan, maka berat badan bisa saja tidak naik.

4. Hipertiroidisme
Gangguan kelenjar tiroid yang disebut hipertiroidisme juga bisa membuat seseorang susah gemuk. Penyakit ini muncul saat kelenjar tiroid atau getah bening di tubuh terlalu aktif memproduksi terlalu banyak hormon tiroksin.

Kelebihan hormon tiroksin akan membuat metabolisme tubuh berjalan lebih cepat dari yang seharusnya. Uniknya, kondisi ini justru akan membuat nafsu makan Anda meningkat. Namun karena di saat yang bersamaan metabolisme juga berlangsung cepat, maka berat badan akan sulit untuk naik.

5. Gangguan pencernaan
Saat makanan yang masuk ke saluran pencernaan di dalam tubuh tidak bisa diserap dengan baik, maka Anda sulit mengalami kenaikan berat badan meski sudah makan banyak. Gangguan pencernaan seperti ini dinamakan sebagai sindrom malabsorbsi. Beberapa penyakit yang dikategorikan sebagai sindrom ini antara lain penyakit celiac dan penyakit Crohn.

6. Stres dan gangguan psikologis lainnya
Tidak hanya soal fisik, masalah mental juga bisa membuat seseorang susah menaikkan berat badan. Sebab, kondisi psikologi seperti stres dan depresi bisa memicu gangguan makan.




#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik