5 Menu Sahur untuk Mengecilkan Perut Buncit


Puasa bukan hanya soal spiritual, tetapi juga baik untuk kesehatan. Salah satu manfaat puasa adalah menurunkan berat badan, termasuk mengecilkan perut buncit.
Namun, banyak faktor yang menentukan keberhasilan menghilangkan lemak di perut saat puasa. Mulai dari kalori yang masuk, aktivitas fisik, dan makanan yang dikonsumsi. Makanan yang dimakan saat sahur berperan penting dalam diet.

Ahli gizi dan die Cynthia Sass mengatakan pilihan makanan dan olahraga dapat membantu menghilangkan lemak di perut. Sejumlah penelitian menunjukkan menu makanan  yang berbasis diet Mediterania dapat membantu mengecilkan perut buncit.

Diet Mediterania menekankan pada banyak mengonsumsi sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan ikan. Selain itu, diet ini mengonsumsi lebih banyak lemak tak jenuh seperti minyak zaitun dan alpukat; serta mengurangi konsumsi daging merah dan alkohol.

Berikut 5 menu sahur untuk mengecilkan perut buncit, berdasarkan menu diet Mediterania yang bisa Anda coba.

1. Alpukat
Alpukat kaya serat, vitamin, mineral, dan antioksidan.Salah satu mineral yang ada di alpukat adalah potasium. Kandungan ini dapat meningkatkan fungsi jantung, mengatur tekanan darah, serta menghilangkan kelebihan natrium dalam tubuh.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa buah yang membuat kenyang lebih lama ini dapat membantu mengurangi lemak perut.

Dalam studi itu, 111 orang dewasa dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama menerima satu alpukat segar untuk dikonsumsi setiap hari. Kelompok kedua tidak makan alpukat. Setelah tiga bulan, kelompok yang rutin mengonsumsi alpukat mengalami pengurangan lemak perut visceral.

Anda dapat mengonsumsi alpukat dengan membuatnya menjadi smoothie, menumbuknya lalu mengoleskannya pada roti panggang, atau membuatnya menjadi salad.

2. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan merupakan makanan pokok diet Mediterania. Makanan ini mengandung berbagai lemak sehat selain protein nabati, antioksidan, serat, dan sejumlah vitamin dan mineral.
Daftar kacang yang dapat membantu menurunkan berat badan antara lain:
  • Almond
  • Kacang Brazil
  • Kacang mete
  • Hazelnut
  • Makadamia
  • Pecan
  • Kacang pinus
  • Pistachio, dan
  • Kenari.
Anda dapat mengonsumsi kacang dengan cara menjadikannya smoothie, menambahkannya ke dalam oat, menaburkannya ke salad, atau mencampurkannya dengan sayuran yang dikukus.

3. Lentil
Lentil kaya akan protein nabati, mineral utama, vitamin, antioksidan, dan serat.

Lentil dapat menjadi pengganti daging sebagai sumber protein. Anda dapat membuat sup lentil untuk mengonsumsinya atau menambahkannya ke dalam salad.

4. Kinoa
Anda dapat mengonsumsi biji-bijian utuh dalam seperti kinoa dalam porsi sedang atau sesuai dengan kebutuhan energi. 

Beberapa manfaat kinoa antara lain menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan pencernaan, mengontrol diabetes, dan menurunkan kolesterol.

5. Salmon
Seseorang yang kekurangan vitamin D umumnya mengalami peningkatan lemak tubuh total. Salah satu makanan yang tinggi vitamin D adalah ikan salmon.

Empat ons salmon dapat memenuhi 80 persen vitamin D harian Anda.
Anda dapat mengonsumsinya dengan membuat burger salmon atau mencampurkannya dengan sayuran.

Itulah daftar 5 menu sahur untuk mengecilkan perut buncit.


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik