5 Cara Hidup Makin Bahagia dengan Hati yang Terbiasa Bersyukur

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/hajijajah

Hidup tak selalu hadir dengan pelangi. Kadang kita dihadapkan pada mendung, hujan, hingga badai tak yang bisa kita hindari begitu saja. Menjalani hidup berarti siap menjalani berbagai hal tak terduga termasuk ujian kehidupan yang bisa datang silih berganti.

Di tengah hidup yang penuh perjuangan, kita pun mendambakan kebahagiaan. Menjalani hidup yang bahagia menjadi impian kita semua. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dicoba untuk hidup lebih bahagia. Salah satunya dengan memiliki hati yang terbiasa bersyukur.

1. Berterima Kasih atas Hal-Hal Kecil

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/shisukaa

Mengutip buku Happiness Inside, bahagia dalam diri hanya muncul bersamaan dengan rasa syukur. Dengan kata lain, tinggi-rendahnya tingkat kebahagiaan seseorang berbanding lurus dengan tinggi-rendahnya rasa syukurnya. Bersyukur ibarat kunci untuk membuka pintu kebahagiaan. Kita bisa membiasakan bersyukur dengan berterima kasih atas hal-hal kecil yang ada di sekitar kita, seperti sesederhana kita masih bisa merasakan dinginnya air yang segar di tangan kita. Ini bisa jadi langkah awal untuk mengalirkan rasa nyaman dalam jiwa.

2. Meresapi Semua yang Masih Bisa Dirasakan Pancaindra
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/K-Angle

Resapi dan hadirkan kesadaran penuh atas hal-hal yang masih bisa dirasakan oleh pancaindra kita. Mulai dari penglihat, penghidu, pengecap, perasa tubuh, dan pendengar. Setiap tarikan napas yang masih kita hirup melalui indra pencium kita pun bisa menjadi salah satu sumber rasa syukur terbesar kita. Meresapi semuanya dan mensyukurinya bisa membuat kita merasa lebih hidup.

3. Rawat Semua yang Sudah Dimiliki

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/dewannanda

Rawat dan jaga semua yang sudah dimiliki. Baik orang-orang di sekitar kita maupun harta dan benda yang kita punya. Sebelum menginginkan hal yang lebih banyak, kita perlu merawat semua yang sudah kita punya sebagai bentuk rasa syukur kita. Dari sini, kita pun bisa lebih bahagia dalam menjalani keseharian.

4. Kurangi Obsesi Membandingkan Diri
Tak usah terlalu melihat ke bawah atau ke atas. Cukup fokus pada jiwa diri sendiri. Kurangi obsesi membandingkan diri. Fokus dan hadirkan perhatian penuh pada diri sendiri. Kenali kekurangan dan kelebihan diri, lalu bangun motivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu.
5. Awali dan Akhiri Hari dengan Terima Kasih
Saat membuka mata di pagi hari dan sebelum tidur pada malam hari, selipkan rasa terima kasih. Haturkan rasa syukur atas hal-hal yang ada di sekitar kita. Basuh perasaan negatif dengan rasa syukur yang positif. Yakin saja segalanya akan menjadi lebih terasa indah saat kita mengiringinya dengan rasa syukur.

Semoga hari-hari yang kita jalani ke depannya bisa dipenuhi dengan lebih banyak rasa syukur, ya. Untuk bahagia, kita bisa menemukannya dari dalam diri dan jiwa kita sendiri.


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik