5 Cara agar Tidak Gampang Tersinggung agar Hidup Lebih Bahagia


Jakarta Tiap individu punya kepekaan atau sensitivitas tersendiri dalam berkomunikasi. Kata-kata atau ucapan yang bagi orang lain tak bermakna apa-apa bisa saja membuat kita tersinggung. Belum lagi ketika berhadapan dengan orang yang suka bicara seenaknya sendiri, kita bisa makin mudah merasa tersinggung.

Agar tidak gampang merasa tersinggung, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan. Mungkin dalam prosesnya, kita butuh waktu sendiri untuk bisa merasa lebih baik saat berkomunikasi. Meskipun begitu, tidak ada salahnya untuk melakukan sejumlah upaya yang bisa membuat kita tidak gampang merasa sakit hati atau tersinggung karena ucapan.

1. Bertanya pada Diri Sendiri
Melansir laman meanttobehappy.com, alasan yang membuat kita biasanya mudah tersinggung adalah arti yang kita sematkan dalam perkataan atau ucapan. Misalnya, ketika ada orang yang bilang dia tidak menyukai makanan favorit kita, jangan langsung menganggap orang tersebut membenci kita. Bisa jadi itu cuma soal pilihan dan preferensi pribadi saja. Jadi, kalau merasa tersinggung, coba bertanya pada diri sendiri, "Apa benar dia sengaja menyinggungku? Atau ini cuma perasaanku saja?" Dengan cara ini setidaknya kita bisa melihat situasi yang ada dengan sudut pandang yang lebih luas.

2. Pahami Tiap Orang Punya Cara Berpikir Sendiri
Isi kepala kita dan isi kepala orang lain tak pernah sama. Pikiran kita dan pikiran orang lain pastinya berbeda. Hal ini pun memengaruhi ucapan atau tindakan masing-masing individu. Jadi, tak perlu merasa gampang tersinggung ketika yang sebenarnya terjadi adalah perbedaan pendapat atau sudut pandang saja.

3. Bila Merasa Sakit Hati, Biarkan Mengalir
Saat kita merasa tersinggung, ada kecenderungan untuk terus memikirkannya. Kita terus mengingat ucapan, perkataan, atau tindakan orang yang telah menyinggung kita. Hal ini bisa cukup menyiksa sebab kita merasakan berbagai macam perasaan campur aduk jadi satu. Kalau kita memang merasa terluka, terima rasa itu. Boleh bersedih agar perasaan terluka itu bisa terbasuh. Sehingga, hati pun bisa lebih ringan lagi.

4. Terima Ketidaksempurnaan
Ada ketidaksempurnaan di tiap diri manusia. Orang lain tidak sempurna, begitu pula dengan diri kita yang juga masih belum sempurna. Sehingga, coba maafkan ketidaksempurnaan yang ada. Saat kita merasa tersinggung karena ucapan orang lain, coba maafkan orang tersebut sebab dia pun memiliki kekurangannya sendiri. Serta, yang lebih penting terima diri sendiri seutuhnya dengan semua perasaan yang melingkupinya.

5. Tingkatkan Harga Diri
Mengutip buku How to Respect Myself, untuk meningkatkan harga diri, salah satu caranya adalah dengan berani menerima. Menerima bahwa selama ini kita telah menderita dari kebiasaan frustrasi di awal.  Kita perlu mengakui lebih dulu apa yang sebenarnya kita takutkan. Ada kalanya kita perlu menerima keadaan dan rasa takut yang ada apa adanya. Biasanya kita gampang tersinggung karena takut tidak bisa memenuhi ekspektasi tertentu. Maka, saatnya untuk berbaik hati pada diri sendiri dengan lebih menyayangi diri.

Semoga kita bisa menjaga dan menjalin komunikasi yang lebih baik dengan orang-orang di sekitar kita, ya. Serta, terima kasih untuk dirimu yang sudah berupaya meningkatkan kualitas dan kemampuan berkomunikasi yang lebih baik dari waktu ke waktu.

#WomenforWomen


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik