Ternyata Sedekah Bisa Membuat Allah Benci Kepada Kita, Gus Baha: Jika Dilakukan dengan Cara Ini


KH. Ahmad Bahauddin atau akrab disapa Gus Baha menerangkan, sedekah dalam islam banyak mendatangkan manfaat untuk yang memberi.
Sedekah sendiri dalam islam kata Gus Baha, berasal dari kata shadaqah dalam Bahasa arab yang artinya mengamalkan atau menginfakan harta di jalan Allah.
Namun lanjut Gus Baha, kegiatan sedekah dalam islam ini bukan hanya semata-mata menginfakan harta di jalan Allah atau menyisihkan sebagian uang pada fakir miskin.

Tetapi sedekah juga mencakup segala macam dzikir (tasbih, tahmid, dan tahlil) dan segala macam perbuatan baik lainnya.
Yang harus diperhatikan umat muslim ujar Gus Baha, ketika kita memberi sedekah dengan mengharap imbalan lebih banyak itu sangat dilarang.
“Karena itu juga bisa diartikan sebagai riba dalam islam dan islam melarang perbuatan riba,” tegas Gus Baha.

Lantas, bagaimana cara sedekah yang baik dalam islam menurut Gus Baha?
Dilansir Portalsulut.com dari channel YouTube Dakwa Digital pada Senin 21 Maret 2022, berikut penjelasannya.
Dalam islam kita mengenal sedekah sirri dan sedekah terang-terangan.

Gus Baha menjelaskan, terkadang kita juga harus melakukan sedekah terang-terangan agar bisa menjadi contoh bagi orang lain.
“Namun yang harus diingat, jangan sampai kita melakukan hal tersebut dengan niat ingin mendapat pujian dari banyak orang akibat perbuatan baik yang kita lakukan,” tegas Gus Baha.

Menurut Gus Baha, ketika kita ingin melakukan suatu perbuatan amal baik, kita harus ikhlas karena Allah dan denan tujuan mendapat ridho dari Nya.
“Jika ingin mendapat pujian maka itu sama saja dengan perbuatan riya, dalam islam riya sendiri merupakan perbuatan tercela yang dibenci Allah,”

“Salah satu cara untuk menghindari perbuatan riya ketika ingin melakukan perbuatan baik seperti sedekah atau yang lainnya adalah dengan menanamkan niat karena Allah bukan untuk mendapat pujian dari orang lain,” kata Gus Baha.

Lanjut Gus Baha, rahasia sedekah dalam islam itu sebenarnya tentang bagaimana kita memahami kapan harus melakukan sedekah secara terang-terangan, dan kapan harus sedekah sirri.

“Selain itu, amal perbuatan baik yang harus disembunyikan juga banyak dalam islam,” ungkap Gus Baha.

Misalnya Sholat Tahajud yang dilakukan di sepertiga malam kata Gus Baha.
“Karena pada dasarnya amal baik seperti Shalat Tahajud dilakukan sendiri-sendiri tiap malamnya,” jelasnya.

Amal baik seperti sedekah ketika diperlihatkan dengan niat untuk mensyiarkan kebaikan itu tidak masalah dalam islam lanjut Gus Baha.
“Tetapi ada juga jatahnya amal baik yang disembunyikan,” terang Gus Baha.
Itulah penjelasan tentang cara yang benar ketika bersedekah dalam islam menurut Gus Baha. ***


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik