Shin Tae-yong Dibantu Pelatih Legendaris Jepang, Timnas Makin Mengerikan!



JAKARTA, Shin Tae-yong dapat bala bantuan untuk memajukan Timnas Indonesia. Tak tanggung-tanggung, pertolongan itu didapat dari pelatih yang membawa Jepang lolos ke Piala Dunia untuk pertama kalinya.

Sosok yang dimaksud adalah Takeshi Okada. Melalui kerja sama dengan KBRI, dia akan membantu perkembangan klub-klub Tanah Air untuk tampil lebih gereget.
Tentu kerja sama ini sangat positif untuk Shin Tae-yong. Juru taktik Korea Selatan itu bisa memiliki amunisi tangguh dari Liga 1 untuk ditarik ke Timnas Indonesia.

“Indonesia dan Jepang sedang menjajaki potensi kerjasama untuk pengembangan sepakbola di Indonesia dengan eks pelatih Timnas Jepang yang sukses membawa Samurai Biru ke Piala Dunia untuk pertama kalinya, Takeshi Okada,” tulis akun Twitter @indo_jleague.

“Pihak KBRI dan eks pemain sepakbola Jepang yang lama berkarier di Indonesia, Shohei Matsunaga akan membantu memfasilitasi Takeshi Okada untuk bertemu dengan klub-klub Indonesia yang tertarik bekerjasama. Target implementasinya masih tahun depan, tapi harapannya sudah ada penjajakan mulai tahun ini,” lanjut akun di atas.

Hanya saja, belum diketahui lebih lanjut apa bentuk kerjasama tersebut. Diprediksi bentuk kerjasamanya meliputi pembangunan fasilitas dan lebih mematangkan atau mengembangkan potensi pemain-pemain dari akademi.
Urusan di atas Takeshi Okada jagonya. Saat ini dia berstatus sebagai pemilik klub Liga 3 Jepang, yakni FC Imabari.

Berstatus sebagai pemilik, Takeshi Okada tahu seluk beluk apa yang mesti dilakukan klub untuk berkembang. Sebelum menjadi pemilik, pria 65 tahun ini tercatat sebagai pelatih jempolan.

Takeshi Okada merupakan pelatih pertama yang membawa Jepang lolos ke Piala Dunia, tepatnya 1998. Setelah finis runner-up di babak terakhir Kualifikasi Piala Dunia 1998 zona Asia, Jepang melakoni playoff kontra Iran.

Bermain di tempat netral tepatnya di Malaysia, Jepang menang 3-2 atas Iran via babak tambahan. Di putaran final Piala Dunia 1998, Jepang memang selalu kalah.
Namun, kekalahan yang diterima Jepang didapatkan dengan skor tipis. Rinciannya tumbang 0-1 dari Argentina, Kroasia (0-1) dan Jamaika (1-2).


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik