Pertamax Dijual Rp 9.500, Stafsus Erick Thohir Sindir Mobil Mewah Disubsidi

Foto: Agung Pambudhy

Jakarta -Tingginya harga minyak dunia berdampak pada harga BBM RON 92 atau setara Pertamax. Hal tersebut membuat harga keekonomian Pertamax mencapai kisaran Rp 14.500 per liter.

Namun, Pertamina masih menjual Pertamax di harga sekitar Rp 9.500. Dengan begitu, Pertamax yang dijual Pertamina jauh di bawah harga keekonomian tersebut.
Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga pun menyinggung, mobil-mobil mewah mendapat subsidi dari Pertamina. Maka itu, dia bilang, harga Pertamax perlu dihitung ulang.

"Seperti diinformasikan harga BBM dunia naik dan seperti hitungan dari kawan-kawan Kementerian ESDM RON 92 atau Pertamax itu harga keekonomiannya Rp 14.500. Dan kita tahu Pertamax ini jumlahnya 13% dari konsumsi BBM di Indonesia dan pada umumnya mobil-mobil mewah," katanya, Selasa (22/3/2022).

"Dengan harga BBM Pertamax Rp 9.500 ini bisa dikatakan posisinya Pertamina subsidi Pertamax. Dan ini jelas artinya, Pertamina subsidi mobil mewah yang pakai Pertamax. Ini perlu dihitung ulang supaya ada keadilan jangan sampai Pertamina beri subsidi besar kepada mobil mewah yang pakai Pertamax," sambungnya.

Dia menuturkan, harga Pertamax perlu dihitung ulang. Hal tersebut untuk memberikan rasa keadilan.
"Sudah saatnya dihitung ulang berapa harga yang layak yang diberikan Pertamina untuk harga Pertamax yang dikonsumsi mobil mewah. Ini untuk keadilan semua," ujarnya.

Dia menyebut, harga Pertamax relatif lebih rendah dibanding negara lain.
"Kalau dibandingkan negara-negara luar, harganya cukup tinggi Rp 14.000-Rp 15.000. Kalau di Malaysia lebih rendah karena BBM setara Pertamax di sana disubsidi dengan mekasnisme tertentu yang mereka miliki. Jadi saat ini cukuplah ya harusnya kita ulang jangan sampai Pertamina subsidi mobil mewah yang manfaatkan Pertamax," jelasnya.


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik