Ini Negara Paling Bahagia di Dunia, Indonesia ada?

Foto: Negara Islandia (Ist)

Jakarta, Peperangan, hingga pandemi Covid-19 yang tidak berkesudahan sampai kini membuat dunia jadi sangat gelisah. Namun demikian, nyatanya masih ada negara dengan masyarakat yang memiliki tingkat kebahagiaan tinggi.

Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UN SDSN) merilis World Happiness Report, sebuah survei global dari orang-orang di sekitar 150 negara. Titik terang lainnya dalam laporan tahun ini ialah kekhawatiran dan stres menurun di tahun kedua pandemi.

"Kejutan besar adalah bahwa secara global, dengan cara yang tidak terkoordinasi, telah terjadi peningkatan yang sangat besar dalam ketiga bentuk kebaikan," kata John Helliwell, salah satu dari tiga editor pendiri laporan tersebut kepada CNN Travel, dikutip Sabtu (19/3).

Ketika kebaikan tersebut adalah menyumbang untuk amal, membantu orang asing, dan menjadi sukarelawan semuanya tersedia.

"Terutama bantuan kepada orang asing pada tahun 2021, relatif baik sebelum pandemi atau 2020, dengan jumlah yang sangat besar di semua wilayah di dunia," kata Helliwell, yang merupakan profesor emeritus di Sekolah Ekonomi Vancouver, Universitas British Columbia.

Adapun negara dengan paling bahagia di dunia menurut laporan World Happiness Report adalah Finlandia. Negara Nordik dan tetangganya Denmark, Norwegia, Swedia, dan Islandia semuanya mendapat skor sangat baik.

Ukuran yang digunakan laporan tersebut adalah harapan hidup sehat, PDB per kapita, dukungan sosial di saat-saat sulit, korupsi rendah dan kepercayaan sosial yang tinggi, kedermawanan dalam komunitas di mana orang saling menjaga hingga hal personal seperti kebebasan untuk membuat keputusan penting dalam hidup.

Denmark berada di peringkat ke-2 di tahun ini, diikuti oleh Islandia di No 3. Swedia dan Norwegia ada di ketujuh dan kedelapan. Swiss, Belanda dan Luksemburg mengambil tempat 4 hingga 6, dengan Israel masuk di No. 9 dan Selandia Baru melengkapi 10 besar.

Kanada (No. 15), Amerika Serikat (No. 16) dan Inggris (No. 17) semuanya berhasil masuk 20 besar.


Sementara itu negara yang tengah berperang saat ini yakni Rusia dan Ukraina berada di peringkat terbawah dunia untuk kebahagiaan dalam laporan 2022, dengan Ukraina di No. 98 dan Rusia di No. 80.

 Survei berdasarkan peringkat kebahagiaan tahun ini dilakukan jauh sebelum invasi
Efek perang terhadap kebahagiaan secara keseluruhan di Rusia sangat suram karena sensor pemerintah mendistorsi informasi yang dapat menginformasikan evaluasi kehidupan. Di no. 146, Afghanistan berada di peringkat paling bawah dalam laporan 2022.

Berikut negara dengan tingkat kebahagiaan tertinggi di dunia edisi tahun 2022 berdasarkan World Happiness Report:
1. Finlandia
2. Denmark
3. Islandia
5. Belanda
7. Swedia
8. Norwegia
9. Israel
10. Selandia Baru
11. Austria
12. Australia
13. Irlandia
14. Jerman
15. Kanada
16. Amerika Serikat
17. Britania Raya
18. Republik Ceko
19. Belgia
20. Perancis.


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik