Bulan Sya'ban Telah Tiba, Ini 3 Keistimewaannya yang Perlu Diketahui


JAKARTA, Saat ini umat Islam telah memasuki bulan Sya’ban 1443 Hijriah. 1 Sya’ban tahun ini jatuh pada Jumat, 4 Maret 2022. Lantas, apa keistimewaaan bulan ini?
Sya'ban adalah bulan istimewa dalam kalender hijriah. Bulan ini berada di antara bulan Rajab yang di dalamnya terdapat peristiwa Isra Mikraj dan bulan suci Ramadan.

Nabi Muhammad SAW diriwayatkan melakukan pelbagai amalan di bulan Sya’ban.
Dari Usamah bin Zaid berkata, saya bertanya, “Wahai Rasulullah SAW, saya tidak melihat engkau puasa di suatu bulan lebih banyak melebihi bulan Sya’ban.”
Rasulullah menjawab, “Bulan tersebut banyak dilalaikan manusia, antara Rajab dan Ramadan, yaitu bulan diangkat amal-amal kepada Rabb alam semesta, maka saya suka amal saya diangkat sedang saya dalam kondisi puasa,” (HR Ahmad, Abu Dawud, an-Nasa’I, dan Ibnu Huzaimah).

Berikut tiga keistimewan bulan Sya'ban
Penanda Bulan Ramadan
Saat bulan Sya’ban datang, itu berarti Ramadan sudah di depan mata. Sya’ban ini sekaligus tanda bagi umat Islam untuk mempersiapkan diri menyambut bulan suci umat Islam tersebut.
Pada bulan Sya'ban juga dianjurkan bagi yang masih memiliki utang puasa untuk segera menggantinya sebelum masuk Ramadan tiba.

Bulan saat Dipindahkannya Kiblat Umat Islam
Salah satu peristiwa bersejarah di bulan Sya'ban adalah turunnya perintah untuk memindahkan kiblat umat Islam.
Pemindahan kiblat dari Baitul Maqdis di Palestina ke Masjidil Haram di Mekah ini termaktub dalam surat Al-Baqarah ayat 144.

“Kami melihat wajahmu (Muhammad) sering menengadah ke langit, maka akan Kami palingkan engkau ke kiblat yang engkau senangi. Maka hadapkanlah wajahmu ke arah Masjidil Haram. Dan di mana saja engkau berada, hadapkanlah wajahmu ke arah itu." (QS Al- Baqarah ayat 144).


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik