Waspada, Ini Ciri-ciri Gejala Omicron bagi Orang yang Sudah Divaksin Lengkap


JAKARTA, Pada Akhir Januari 2022 lalu, Indonesia mengalami lonjakan kasus Covid-19 yang dilaporkan didominasi oleh varian Omicron.

Varian Omicron, juga dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan Covid-19.
 
Melansir dari laman Kemenkes, varian Omicron berbeda dari Delta dalam segi gejala dan tingkat keparahannya.
Gelombang Delta memiliki tingkat keparahan yang tinggi, sementara gejala Omicron lebih ringan seperti pilek, batuk, sakit tenggorokan dan lain-lain.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan puncak gelombang Omicron di Indonesia diperkirakan terjadi di akhir Februari 2022.

Budi memprediksi jumlah kasus Omicron dipuncaknya akan bisa lebih besar 2-3 kali daripada puncak gelombang varian Delta.
Lalu, bagaimana mereka yang sudah divaksinasi lengkap? Apakah masih bisa terserang Omicron?

Menurut Ahli Epidemopogi AS, Profesor Timothy David Spector OBE FMedSci orang yang sudah melakukan vaksinasi Covid-19 dua kali lebih rendah resikonya tertular varian Omicron.

Namun, bukan berarti sudah kebal terhadap varian Omicron. Profesor Timothy menyebut gejalanya akan lebih ringan dibanding mereka yang belum vaksin sama sekali.


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik