RI Pulih dari Pandemi Covid, Kini Setara AS dan China!


Jakarta, Indonesia masuk dalam daftar negara yang pulih secara ekonomi dari pandemi covid-19. Kini Indonesia setara dengan Amerika Serikat (AS), Singapura dan Korea Selatan dan China.

"Kinerja pertumbuhan global yang sudah rilis, Indonesia menjadi salah satu negara yang sudah kembali ke level sebelum pandemi, bersama Singapura, AS, Korsel dan China," ujar Abdurohman, Kepala Pusat Kebijakan Ekonomi Makro, Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, dalam Diskusi Publik Forum Masyarakat Statistik: Kinerja Pertumbuhan Ekonomi di Masa Pandemi secara virtual, Senin (21/2/2022).

Pemulihan ini dianggap sudah sampai pada level sebelum pandemi terjadi, diukur oleh indeks produk domestik bruto (PDB) rill.
Indonesia sukses mengakhiri resesi pada kuartal II-2021 dengan capaian di atas 7%. Sementara realisasi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2021 adalah 3,69%.


Sementara itu, negara dengan kondisi yang masih belum pulih atau belum kembali ke situasi sebelum pandemi antara lain, Filipina, Meksiko, Inggris, Malaysia, Italia, Jerman, Arab Saudi, dan Prancis.
"Banyak negara ini juga masih di bawah level pra pandemi. Jadi kita cukup beruntung, dengan respons kebijakan pemerintah yang cepat dan tetap menjauhkan kita dari resesi yang begitu dalam," terangnya.


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik