Kebiasaan Rutin Ini Bisa Menuntunmu Jadi Orang Sukses, Cobain

Foto: Arie Pratama

Jakarta, Hampir semua orang memimpikan menjadi seorang yang sukses, baik dalam bisnis maupun pekerjaan. Meski demikian, hanya sebagian kecil yang benar-benar hidup menjalani mimpi tersebut.

Belajar dari pengalaman hidup orang sukses, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda terapkan agar meraih kesuksesan baik berbisnis maupun berkarier di perusahaan. Apa saja?

1. Maksimalkan waktu 
Bukan tanpa alasan ada ungkapan yang mengatakan bahwa waktu adalah uang. Memanfaatkan waktu sebaik mungkin bisa menjadi kunci yang membawa Anda pada kesuksesan. Misalnya, saat transit di bandara untuk menunggu penerbangan selanjutnya, Anda bisa melakukan aktivitas yang produktif seperti membalas email, mempersiapkan pertemuan yang akan datang dan menulis.

Dari pada menonton film dalam penerbangan, cobalah dengarkan podcast, baca buku kepemimpinan, atau baca beberapa artikel yang ditulis oleh para ahli. Kata kuncinya adalah memanfaatkan setiap momen yang ada sebagai kesempatan untuk berinvestasi pada diri sendiri. 

2. Terus belajar hal baru
Salah satu ciri-ciri orang sukses bisa terlihat dari keinginannya untuk belajar tentang semua hal yang baru. Belajar di sini maksudnya tidak selalu dalam bentuk sekolah, melainkan proses pembelajaran yang bisa dilakukan kapan saja, di mana saja dan dengan siapa saja.

Hal baru selalu tersedia di segala tempat, itulah yang mendorong orang sukses untuk terus belajar. Karena semakin kita belajar dan ingin tahu, maka semakin luas juga wawasan dan pengetahuan yang kita dapatkan.

3. Bangun tidur lebih cepat
Kebiasaan rutin pertama yang harus Anda lakukan jika ingin menjadi orang yang sukses adalah bangun tidur lebih awal. Berdasarkan penelitian, 44 persen orang sukses bangun 3 jam sebelum aktivitasnya dimulai.

Hal ini dilakukan agar mereka dapat memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan diri sehingga dapat memulai aktivitas dalam kondisi yang tenang dan tidak terburu-buru oleh waktu. Dengan bangun tidur lebih awal, Anda akan lebih bisa menikmati dan menghargai waktu yang lebih berkualitas.

4. Berpikir strategis
Setiap kali Anda berpikir untuk berkomitmen pada sesuatu, pertimbangkan potensi keuntungan dan manfaatnya. Jika ngopi di kafe dengan seorang teman lama tidak memberikan keuntungan apapun untuk Anda, maka pikirkan kembali rencana tersebut. Jika bergaul dengan seorang teman memperlambat pekerjaan Anda, itu artinya kegiatan tersebut tidak sepadan dengan investasinya.

Tanyakan pada diri Anda sendiri apakah imbalannya sepadan dengan biaya dan usaha yang Anda berikan? Jangan ragu untuk katakan "tidak" untuk sesuatu yang tidak memberikan manfaat pada diri Anda. 


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik