Inilah 7 Pilihan Makanan Tinggi Karbohidrat Selain Nasi

Ilustrasi jagung. Unsplash.com/Estudio Bloom

Jakarta - Karbohidrat menjadi sumber glukosa bagi tubuh. Nantinya tubuh akan mengubah glukosa menjadi energi yang digunakan untuk mendukung fungsi tubuh dan aktivitas fisik.

Karbohidrat ditemukan dalam beragam makanan sehat dan tidak sehat. Kerena itu penting untuk memilih sumber makanan tinggi karbohidrat yang baik. Nasi salah satu makanan tinggi karbohidrat yang sehat dan umum dikonsumsi oleh orang Indonesia.

Selain itu, nasi tidak sesuai untuk kebutuhan makanan semua orang. Misalnya orang yang ingin menurunkan berat badan, ini karena nasi mengandung banyak gula penyebab kegemukan.

Jangan khawatir, selain nasi banyak makanan tinggi karbohidrat lainnya yang dapat menjadi pilihan sesuai kebutuhan Anda. Berikut sejumlah makanan tinggi karbohidrat yang baik yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

1. Quinoa
Dilansir dari healthline, quinoa yang sudah dimasak mengandung 70 persen karbohidrat. Sumber makanan sejenis bijian ini kaya akan mineral dan senyawa tanaman yang banyak manfaat kesehatan, termasuk peningkatan gula darah dan kesehatan jantung. Quinoa mengandung serat dan protein yang tinggi menjadikannya makanan yang mengenyangkan sehingga dapat membantu mengelola berat badan.

2. Oat
Oat adalah gandum utuh yang memiliki banyak sumber vitamin, mineral, dan antioksidan. Dalam oat mentah mengandung 70 persen karbohidrat. Satu cangkir atau sekitar 81 gram oat mengandung 54 gram karbohidrat, termasuk 8 gram serat.
Penelitian menunjukkan bahwa makan oat dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, mengonsumsi oat dapat menurunkan kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes tipe dan membantu mengelola berat badan.

3. Soba
Soba mentah mengandung 75 gram karbohidrat. Sementara dalam 100 gram soba yang dimasak mengandung sekitar 19,9 gram karbohidrat. Soba sangat bergizi dan mengandung protein serta serat. Selain itu kaya akan mineral dan antioksidan. Penelitian pada manusia dan hewan menunjukkan bahwa soba bermanfaat untuk kesehatan jantung dan regulasi darah.

4. Jagung
Dilansir dari medical news today, dalam 100 gram porsi jagung mengandung 25 gram karbohidrat. Bahkan jagung juga mengandung 3,36 gram protein dan vitamin C. Menurut sebuah studi pada 2007, jagung bermanfaat untuk kadar gula darah dan tekanan darah tinggi.

5. Ubi jalar
Ubi jalar panggang ukuran sedang dengan kulit memiliki 23,61 gram karbohidrat. Ubi jalar adalah sumber potasium dan vitamin A dan C yang sangat baik. Sebuah studi tahun 2015 menyebutkan bahwa beberapa molekul karbohidrat dalam ubi jalar ungu memiliki manfaat antioksidan dan antitumor.

6. Pisang
Satu pisang ukuran sedang mengandung 26,95 gram karbohidrat. Seperti ubi jalar, pisang juga kaya potasium dan vitamin A dan C. Karena kandungan potasiumnya, pisang baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah.

7. Apel
Satu apel berukuran sedang mengandung 25,13 gram karbohidrat. Apel juga mengandung vitamin A dan C, potasium, dan serat. Menurut sebuah penelitian pada wanita yang lebih tua, apel dapat menurunkan risiko kematian terkait penyakit, termasuk kematian akibat kanker.


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik