Era Metaverse, 5 Profesi Ini Diprediksi Bakal Populer


Metaverse merupakan salah satu perbincangan hangat saat ini. Era metaverse bahkan digandang-gadang menjadi era masa depan baru.
Sebagai informasi, metaverse merupakan langkah revolusioner pada bidang teknologi yang menggabungkan teknologi internet dengan media sosial (medsos) di tengah masyarakat. Metaverse dapat mengubah cara pengguna terhubung ke dunia maya.

Konsep metaverse dicanangkan akan menjadi masa depan dunia internet dengan virtual tiga dimensi yang bisa dimasuki manusia. Caranya adalah menggunakan virtual reality (VR) dan augmented reality.
Untuk menyongsong metaverse, perlu disiapkan sumber daya manusia (SDM) di bidang teknologi.

Generasi muda wajib memiliki ilmu pengetahuan serta keahlian di bidang teknologi virtual agar bisa menjawab tantangan dan hidup berdampingan dengan zaman yang berkembang cukup pesat.

Berikut lima profesi yang digadang-gadang bakal banyak dicari pada era metaverse, dikutip dari rilis resmi Universitas Nusa Mandiri (UNM), Rabu (9/2/2022).

1. Cyber security
Pada era serba digital, hal yang paling dibutuhkan adalah tenaga di bidang keamanan digital atau cyber security. Profesi ini memiliki tanggung jawab dalam mengatur strategi dan memblokir serangan dari pihak-pihak tidak bertanggung jawab secara real-time.

Profesi keamanan digital ini dapat pula menetapkan undang-undang dan protokol aman pada era metaverse.
Generasi muda yang tertarik terjun dan mengambil peran di dunia keamanan digital dapat mengambil jurusan kuliah yang berkaitan dengan keamanan digital dan hukum teknologi informasi.
Salah satu kampus di Indonesia yang menyediakan jurusan ini adalah Institut Teknologi Bandung (ITB).

2. Construction engineering
Profesi ini dibutuhkan pada era metaverse untuk merancang dan membangun suatu bangunan layaknya dunia nyata.
Selain itu, profesi ini juga bertanggung jawab dalam menyusun pola dunia metaverse, mulai dari desain, bentuk, konstruksi dan penyelesaiannya. Ini bisa menjadi peluang yang menjanjikan bagi para designer dan engineer.

Bagi generasi muda yang tertarik, dapat menekuninya melalui jurusan graphic design, visual communication design, dan desan 3D atau animasi.
Salah satu kampus yang menyediakan jurusan tersebut adalah Universitas Pelita Harapan.

3. Metaverse planner
Metaverse planner bertugas menyusun strategi, fungsi, serta cara penggunaaan metaverse dan mengimplementasikannya di dunia virtual.

Profesi tersebut akan merancang dan menetapkan hak-hak serta kewajiban yang harus dilakukan di dunia digital.
Bagi yang tertarik dengan bidang ini, bisa mencoba kuliah jurusan software engineering, bisnis digital, marketing digital, digital entrepreneurship, hingga e-business.

Pilihan jurusan bisnis digital bisa menjadi referensi bagi generasi muda yang ingin fokus pada bidang ini.
Universitas Nusa Mandiri (UNM) menyediakan jurusan bisnis digital bagi para mahasiswa yang tertarik menekuni profesi metaverse planner.

4. Metaverse storyteller
Metaverse storyteller bertugas merancang pencarian mendalam bagi pengguna, merencanakan skenario bagi pengguna untuk menjelajah metaverse, membuat skenario pelatihan, hingga membuat peluang pemasaran dalam bentuk narasi untuk perusahaan lain.

Konsep metaverse memerlukan pengalaman realistis agar dapat membuat rancangan dan rencana skenario bagi pengguna metaverse.
Generasi muda yang tertarik akan profesi ini dapat mengambil jurusan sastra atau bahasa Inggris.

5. Fashion designers virtual reality
Profesi ini bertugas mendesain sejumlah avatar yang digunakan untuk mewakili metaverse.
Designers visual reality dianggap mampu mengembangkan pakaian dan aksesoris unik untuk para pengguna.
Bagi yang tertarik mendalami bidang ini, jurusan yang bisa dipilih contohnya virtual reality dan fashion design.
Kampus yang bisa dipilih salah satunya yakni Universitas Multimedia Nusantara (UMN).



#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik