Pelebaran Jalan Manyar Menuju Smelter Freeport Gresik Terkendala Lahan


GRESIK, Pelebaran Jalan Raya Manyar yang termasuk dalam Jalur Daendles, Gresik, belum dapat dilakukan dalam waktu dekat.
Hal ini karena pelaksanaan proyek masih menunggu pembebasan lahan pada ruas yang tidak jauh dari exit toll Manyar tersebut.

Secara tinjauan, letak jalanan tersebut sebenarnya terbilang cukup strategis, dan dapat menunjang akses kendaraan menuju Smelter PT Freeport Indonesia dan juga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE).

Baca juga: Berlaku Senin Ini, Catat Rincian Kenaikan Tarif Tol Surabaya-Gresik
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Gresik Achmad Hadi mengatakan, pekerjaan pelebaran ruas jalan tersebut merupakan kewenangan dari Balai Besar Pembangunan Jalan Nasional (BBPJN) Kementerian PUPR.

Sedangkan penyediaan lahan, menjadi tanggung jawab Pemkab Gresik.
"Pekerjaan fisik dimulai tahun 2022 ini, jika lahan yang diperlukan sudah dapat dikondisikan dengan rencana lebar ruang milik jalan (rumija) 22 hingga 26 meter. Tergantung kesiapan lahan," ujar Hadi, saat dikonfirmasi awak media, Senin (10/1/2022).

Hadi menjelaskan, pelebaran Jalan Raya Manyar memang membutuhkan koordinasi dan kerjasama semua pihak.
Sebab, anggaran tahun ini untuk pengondisian lahan jalan dan penataan lokasi telah dialokasikan tahun ini oleh Dinas Pertanahan.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BBPJN Ruas Surabaya-Gresik-Sadang Pungki Enggar Paweninggale belum dapat memutuskan dan memastikan apakah pelebaran Jalan Raya Manyar bakal dapat dilakukan pada tahun ini.
Sebab tidak menutup kemungkinan, pelaksanaan baru dapat dilaksanakan pada tahun depan.

"Sampai saat ini kami masih menunggu (ketersediaan lahan), sebab kami hanya mengerjakan konstruksi fisik," ucap Pungki.
Pihak BBPJN, dikatakan Pungki, sampai saat ini masih menunggu dokumen resmi dari Pemkab Gresik terkait pembebasan lahan yang akan dilakukan.

Baru setelah masalah lahan dipastikan beres dan tersedia, BBPJN bakal mengusulkan anggaran yang diperlukan dalam agenda pelebaran serta perbaikan di Jalan Raya Manyar.

"Untuk plot anggaran kami, setelah ada dokumen dari Pemkab Gresik yang menyatakan bahwa tanah sudah ready," tutur Pungki.


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik