INILAH 11 DOSA SUAMI terhadap ISTRI: Hindari, Jika Dilakukan Haram Masuk Surga


Suami yang baik adalah yang menjadi teladan dalam kebaikan bagi istrinya. Namun tanpa disadari dalam kehidupan berumah tangga ada beberapa suami yang melakukan tindakan yang kurang baik kepada istrinya.

Tidak jarang pula, para suami kerap tidak melaksanakan amanah yang dipikulnya alias melakukan dosa sebagai kepala rumah tangga.

Apabila amanah telah diberikan, suami sebagai kepala rumah tangga harus waspada, agar terhindar dari dosa yang bisa menyebabkan masuk neraka, atau diharamkan masuk surga. 

Seorang suami melakukan tindakan yang yang menyimpang dari ketentuan Allah SWT, tentu saja merupakan pelanggaran hak-hak dari istrinya.

Suami melanggar ketentuan Allah SWT terhadap istrinya, bisa-bisa diharamkan masuk Surga. Sebab itu, para suami harus tahu beberapa dosa suami terhadap istri yang sangat dibenci oleh Allah SWT.
Berikut ada 11 dosa suami terhadap istrinya yang bisa menghambat masuk Surga:

1. Tidak Mengajarkan Ilmu Agama
Seorang suami selain memiliki tugas sebagai pemimpin, juga harus mengajarkan berbagai ilmu agama kepada istri ataupun anak-anaknya.

Seperti yang sudah dijelaskan di dalam Al-Quran: “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, kerasa dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang dipehatikannya kepada mereka dan selalu mengajarkan apa yang diperintahkan” (QS. At-Tahrim:6)

2. Tidak merasa cemburu
Dalam kehidupan rumah tangga sifat cemburu merupakan hal yang diperlukan sebagai bumbu penyebab dalam cinta. Namun begitu tidak boleh dilakukan dengan berlebihan.

Suami tipe semacam ini adalah pasangan laki-laki yang tercela. Sebagaimana disebutkan dalam hadist, yaitu Ibnu Umar ra dengan sanak Marfu sampai Nabi SAW : "Ada tiga orang yang Allah haramkan masuk surga yaitu: pecandu khamar, orang yang durhaka pada orang tua, dan orang yang tidak memiliki sifat cemburu yang menyetujui perkara keji pada keluarganya,". (HR.Ahmad 2:69)

3. Tidak memberi nafkah
Suami yang tega menelantarkan istrinya tanpa memberikan uang nafkah ataupun uang belanja sama sekali sangat dilaknat oleh Allah dan sudah pasti akan menimbulkan dosa besar.
Selain itu, kepelitan suami juga bisa menjadi faktor timbulnya dosa yang besar terhadap Allah.

Rasulullah SAW bersabda: "Seseorang cukup dipandang berdosa bila ia menelantarkan belanja orang yang menjadi tanggung jawabnya,". (HR. Abu Dawud no.1442 CD, Muslim, Ahmad dan Thabarani).

4. Membiarkan istri bekerja untuk menafkahi suami
Saat ini banyak istri yang memilih untuk bekerja demi membantu ekonomi keluarga. Hal ini tidak boleh dijadikan alasan bagi suami untuk menyerahkan tanggung jawab nafkah kepada istrinya.

Terlebih jika suami hanya bersantai di rumah tanpa bekerja, maka hal ini bisa sangat dilaknat oleh Allah dan dicap sebagai suami tidak bertanggung jawab atas istrinya.

5. Memiliki perasaan benci kepada istri
Suami sangat dilarang membenci istrinya yang beriman. Rasulullah sudah mengingatkan melalui hadis berikut ini: “Janganlah seorang suami yang beriman membenci istrinya yang beriman. Jika dia tidak menyukai satu akhlak darinya, dia pasti meridai akhlak lain darinya,” (HR. Muslim)

6. Tidak membantu istri dalam pekerjaan rumah
Hingga saat ini masih banyak ditemui suami yang tidak mau membantu istri dalam pekerjaan rumah, bahkan Rasulullah telah mengajarkan hal tersebut dalam sebuah hadis,
“Beliau (Rasulullah) membantu pekerjaan istrinya dan jika datang waktu sholat, maka beliau pun keluar untuk sholat” (HR. Bukhari).

7. Meluapkan emosi pada istri
Sejatinya istri adalah partner yang bisa menjadi tempat berbagi tentang semua masalah yang dihadapi, bukan sebaliknya diajak berselisih demi meluapkan emosi kepada istri bukanlah solusi untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Seorang sahabat berkata kepada Nabi SAW: "Ya rasulullah, berpesanlah kepadaku. "Nabi Shallalahu 'Alaihi Wasallam berpesan jangan suka marah (emosi). "Sahabat itu bertanya berulang-ulang dan Nabi Shallalahu 'Walaihi Wasallam tetap berulang kali berpesan. 'Jangan suka marah!'. (HR.Bukhari).

8. Memukul istri dan menjelekannya
Memukul istri adalah dosa suami begitu pula jika menjelekannya, sebab wanita merupakan kaum yang harus dilindungi.
Selain merupakan perbuatan dosa, memukul dan menyiksa istri secara fisik juga perbuatan yang melanggar hukum.

"Hendaklah engkau memberinya makan jika engkau makan, memberinya pakaian jika engkau berpakaian, tidak memukul wajah, tidak menjelek-jelekkannya (HR. Ibnu Majah disahihkan oleh Syeikh Albani)

9. Menyakiti hati seorang istri
"Orang-orang yang menyakiti mu'min laki-laki dan mu'min perempuan tanpa perbuatan yang mereka lakukan, maka sesungguhnya mereka telah menanggung kebohongan dan dosa yang nyata,". Al-Ahzaab:84.

Suami yang lemah lembut merupakan lelaki yang sempurna imannya, sebab ia telah berbuat baik kepada istrinya.
Hal ini seperti diingatkan dalam sebuah hadist dari Al Bukhari ra ia berkata bahwa Nabi SAW bersabda:

"Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang terbaik akhlaknya dan orang terbaik diantara kalian adalah yang terbaik terhadap istrinya". (HR.Tirmidzi).

10. Menyebarkan rahasia ranjang pada orang lain
Jika ada suami yang tanpa dosa menceritakan rahasia ranjang bersama istrinya pada orang lain, selain secara akal sehat adalah sebuah perilaku yang tidak bisa diterima akal sehat juga dilarang oleh Nabi SAW.

Nabi SAW bersabda: "Sesungguhnya termasuk manusia paling jelek kedudukannya di sisi Allah pada hari kiamat adalah laki-laki yang menggauli istrinya kemudian dia sebarkan rahasia ranjangnya". (HR. Abi Syaibah, Ahmad, dan Muslim).

11. Menggauli istri ketika haid
Di antara dosa seorang suami yang sering dilakukan pada istrinya adalah menggaulinya saat ia haid.

Firman Allah taala: "Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah, 'haid itu adalah suatu koptoran'. Oleh karena itu hendaklah engkau menjauhkan diri dari wanita (istri,red) di waktu haid dan janganlah kamu mendekati mereka sampai mereka suci. Bila mereka telah suci maka campurilah mereka itu ditempat yang diperintahkan Allah kepadamu". (QS. Al Baqarah:222).

Itulah 11 dosa suami jika dilakukan terhadap istrinya. Waspada dan hindari jangan laukan itu agar menjadi seorang suami yang terhindar dari goloingan yang diharamkan masuk Surga.***


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik