Baterai Boros dan Cepat Rusak! Ternyata Ini 5 Kesalahan Saat Charger HP



Surabaya, Saat charger Handphone (HP) Anda tidak bisa sembarangan. Baterai HP merupakan komponen sensitif yang bisa menyebabkan performa HP menurun. Jika Anda sembarang, baterai jadi boros dan cepat rusak.
Apalagi saat ini banyak HP yang menggunakan baterai tanam. Jika sampai terjadi kerusakan, Anda mungkin akan menyesal. Baterai tanam lebih sensitif, dan harganya cukup mahal. Agar baterai HP tetap sehat, hindari beberapa hal berikut.

Menunggu Baterai Sampai 0%
Pastinya banyak diantara Anda yang baru akan mengisi daya smartphone saat kondisi baterai sudah mendekati 0%. Ini hal yang salah karena akan mengucurkan umur baterai HP. Anda harus mengisi daya smartphone ketika baterai berada di bawah 30% namun tidak kurang dari 15%.

Jangan Charge hingga 100%
Apabila Anda sering mengisi daya smartphone hingga 100% secara terus menerus, masa pakai baterai Anda akan terus berkurang. Hal ini dikarenakan tiap smartphone memiliki siklus pengisian daya yang tepat. Cabutlah charger
ketika menyentuh angka di bawah 98%3 agar masa pakai tidak boros.

Tidak Melepas Casing Smartphone
Musuh utama sebuah baterai smartphone adalah suhu panas pada smartphone. Suhu panas ini bisa muncul saat Anda mengisi daya baterai smartphone tapi tidak mencopot casing smartphone. Suhu panas akan terjebak di dalam casing yang berakibat komponen internal HP menjadi panas.

Asal Gunakan Charger
Meskipun punya bentuk yang sama dan dapat dipakai juga untuk mengisi daya smartphone Anda. Namun, tidak semua charger bisa Anda gunakan.

Gunakan charger yang kompatibel dengan smartphone Anda, hal ini berpengaruh terhadap energi yang masuk saat mengisi daya smartphone. Charger yang tidak kompatibel rawan merusak baterai smartphone.

Charge Smartphone hingga Tidur
Pastinya Anda sering mengisi daya smartphone pada malam hari dan meninggalkannya tidur hingga pagi. Ternyata hal ini tidak baik bagi siklus pengisian baterai smartphone. Selain itu kamu hanya akan membuang-buang listrik karena daya akan terus ditarik.

Hindari hal-hal ceroboh tersebut, agar baterai Anda bisa awet. Karena baterai adalah salah satu hal penting dalam penggunaan smartphone. (dan/ian)


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik