5 Tanda Kecanduan Media Sosial, Kamu Termasuk?


Tidak bisa dipungkiri bahwa sebagian besar orang zaman sekarang kecanduan bermain media sosial. Didukung dengan mudahnya akses internet serta jaringan wi-fi yang tidak terbatas, semakin membuat orang-orang mudah mengakses media sosial.

Memang banyak manfaat yang ditawarkan oleh media sosial, seperti mempromosikan sesuatu, memberi informasi terbaru, dapat memantau perkembangan terkini, hingga mengulik kehidupan seseorang hanya dengan stalking akunnya hingga postingan pertama.

Namun, segala sesuatu yang berlebihan pasti memiliki dampak yang tidak baik. Begitu pula jika berlebihan menggunakan media sosial hingga berdampak pada ketergantungan. 

Berikut adalah beberapa tanda bahwa kamu telah ketergantungan media sosial.

1. Hilangnya gairah berinteraksi secara nyata
Poin pertama yang muncul ketika kamu ketergantungan media sosial adalah kamu merasa malas dan tidak bergairah untuk bersosialisasi serta berinteraksi di dunia nyata. Hal ini karena kamu terlalu asyik dengan kehidupan di dunia maya dan menganggap remeh kehidupan nyata.

2. Melakukan segala hal demi media sosial
Tanda lainnya bahwa kamu ketergantungan media sosial adalah kamu rela melakukan apa pun demi tampil wah di media sosial. Seperti misalnya rela membeli baju mahal bukan karena kita benar-benar suka dan nyaman dengan baju tersebut, tetapi karena sekadar mengikuti trend agar dianggap kekinian lantas diunggah di media sosial.

3. Takut tertinggal informasi terbaru
Jika kamu sering mengecek notifikasi, bolak-balik membuka media sosial karena takut ketinggalan informasi terbaru, bisa jadi kamu sudah kecanduan media sosial. Hal ini akan membuat kamu cemas dan mudah overthinking. Kamu merasa tidak tenang sebelum mengecek ponsel. Kebiasaan ini sering dikenal sebagai fear of missing out (FOMO). 

4. Lupa waktu dan hal lainnya
Tanda yang paling mencolok bahwa kamu sudah kecanduan media sosial adalah kamu lupa waktu ketika sedang scroll timeline media sosial. Kamu akan terus menunda meletakkan ponsel, menunda makan, menunda mandi, serta berkeinginan untuk terus bermain ponsel lagi dan lagi. Jika kamu tidak bisa tegas menentukan batasan sendiri, kamu hanya akan berakhir kebablasan hingga tanpa sadar waktu sudah berlalu begitu saja.

5. Produktivitas terganggu
Akibat dari poin keempat yaitu lupa waktu saat bermain media sosial adalah terganggunya produktivitas kita. Kita akan merasa malas dan tidak bertenaga untuk melakukan sesuatu karena tenaga kita telah terserap saat melihat berbagai berita dengan bermacam genre yang ditampilkan oleh media sosial.

Itulah lima tanda bahwa kamu telah kecanduan media sosial. Buat batasan untuk diri sendiri, jangan sampai media sosial yang memanfaatkan kita. 


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik