10 Cara Mencegah Asam Lambung Naik dengan Gaya Hidup dan Obat

Ilustrasi asam lambung naik, asam lambung naik bikin sesak napas
Shutterstock/CHAjAMP

Penderita penyakit asam lambung kronis atau gastro esophageal reflux disesase (GERD) perlu melakukan beberapa cara mencegah asam lambung naik agar masalah kesehatan ini tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Perlu diketahui, penyakit asam lambung adalah masalah kesehatan berkepanjangan yang menyebabkan asam lambung dari perut naik ke kerongkongan.
Seseorang dikatakan mengidap GERD atau penyakit asam lambung kronis apabila asam lambung naik lebih dari dua kali seminggu.
Berikut beberapa cara mencegah asam lambung naik dan gejalanya yang perlu diwaspadai.

Cara mencegah asam lambung naik
Cara mencegah asam lambung naik bisa dengan perubahan gaya hidup jadi lebih sehat dan cermat mengonsumsi obat. Melansir beberapa sumber, berikut beberapa di antaranya:

Jaga berat badan agar tetap ideal
Melansir Mayo Clinic, berat badan berlebih bisa meningkatkan tekanan di perut dan menyebabkan asam lambung gampang naik ke kerongkongan. Untuk itu, jaga berat badan agar tetap ideal.

Setop merokok
Kebiasaan merokok secara bertahap bisa menurunkan fungsi klep esofagus bagian bawah. Klep ini berguna untuk mengontrol asam lambung agar tidak naik ke kerongkongan.

• Tinggikan sandaran kepala saat tidur
Banyak penderita yang merasakan asam lambung naik di malam hari. Untuk mencegahnya, coba atur posisi kepala sampai punggung atas sedikit lebih tinggi saat tidur. Gunakan sandaran kepala lebih tinggi.

• Jangan langsung berbaring setelah makan
Berikan jeda setiap makan dengan rebahan atau tiduran setidaknya tiga jam agar asam lambung tidak gampang melonjak.

• Kunyah makanan secara perlahan
Hindari makan terlalu cepat. Ganti kebiasaan ini dengan mengunyah makanan secara perlahan-lahan.

• Makan dalam porsi kecil
Melansir Verywell Health, makan dengan porsi berlebihan bisa meningkatkan tekanan di perut bagian atas. Daripada makan tiga kali sehari dalam jumlah besar, penderita asam lambung sebaiknya makan enam kali makan dalam porsi kecil atau tiga kali makan kecil dan tiga porsi camilan.

• Disiplin menghindari makanan pantangan penyakit asam lambung
Penderita sebaiknya menandai beberapa makanan dan minuman yang rentan jadi penyebab asam lambung naik. Pemicunya jamak berasal dari gorengan, makanan pedas, makanan asam, daunmint, kopi, teh, cokelat, atau soda.

• Hindari mengenakan pakaian terlalu ketat
Pakaian yang terlalu ketat di pinggang atau menekan perut dan menyebabkan asam lambung naik.

• Minum obat asam lambung
Untuk mengontrol penyakit asam lambung agar tidak kambuh, penderita yang akan merasakan gejala penyakitnya kumat perlu segera minum obat asam lambung. Beberapa opsi obat asam lambung yang biasanya direkomendasikan dokter di antaranya antasida, H2 blocker, atau proton pump inhibitor (PPI).

• Kelola stres
Dilansir dari Healthline, stres dapat meningkatkan risiko asam lambung naik. Saat stres, orang cenderung mengalami perubahan pola makan, enggan olahraga, atau malas minum obat. Beragam gangguan ini dapat menyebabkan asam lambung naik.
Untuk itu, penderita penyakit asam lambung perlu mengontrol stres dengan beberapa metode relaksasi seperti latihan pernapasan, meditasi, yoga, atau mengerjakan hobi.

Gejala asam lambung naik
Selain mengenali beberapa cara mencegah asam lambung naik, penderita juga perlu mewaspadai gejala penyakit ini. Melansir WebMD, berikut beberapa di antaranya:
• Nyeri ulu hati
• Sakit tenggorokan
• Mulut baunya tak sedap
• Mulut terasa asam
• Dada sakit
• Batuk tak berdahak terus-menerus
• Sesak napas

Jika Anda merasakan gejala di atas, segera konsultasikan ke dokter. Terutama jika tanda penyakit muncul lebih dari dua kali sehari.
Dengan pengobatan dan gaya hidup tepat, penyakit asam lambung kronis bisa dicegah agar tak mudah kambuh.


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik