Jokowi Mau Korupsi Hilang di Semua Lembaga Lewat Digitalisasi


Jakarta, Presiden Joko Widodo mengajak seluruh instansi pemerintah menekan perilaku koruptif dalam pelayanan publik. Ia ingin pelayanan publik terus ditingkatkan agar masyarakat terlayani dengan baik.
Jokowi menilai sudah saatnya Indonesia menghadirkan pelayanan publik kelas dunia. Dia ingin standar pelayanan publik yang baik dilakukan oleh instansi di seluruh daerah.

"Kita kembangkan inovasi digital yang inklusif, kita terapkan digitalisasi untuk tingkatkan efisiensi, efektivitas, produktivitas, dan akuntabilitas. Kita tekan, kita minimalkan penyimpangan dan perilaku koruptif, di semua lini, di semua lembaga," kata Jokowi dalam Penganugerahan Predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik Tahun 2021 secara daring, Rabu (29/12).

Untuk mencapai hal itu, Jokowi bilang pelayan publik tidak boleh bekerja biasa-biasa saja. Dia menyebut perlu ada perubahan pola pikir, cara kerja, dan kecepatan merespons aduan masyarakat.

Mantan Wali Kota Solo itu berkata pelayanan publik harus berorientasi kepada hasil, bukan proses. Menurutnya, hal itu menjadi syarat pelayanan publik yang prima dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Pelayanan publik yang prima tidak terjadi begitu saja, memerlukan komitmen, memerlukan upaya bersama, sinergitas antarlembaga, memerlukan ikhtiar berkelanjutan, disiplin yang panjang, transformasi sistem, transformasi tata kelola, perubahan pola pikir dan perubahan budaya kerja," ujarnya.

Jokowi juga meminta Ombudsman RI untuk terus melakukan pengawasan terhadap pelayanan publik. Dia berpendapat Ombudsman bisa mendorong berbagai instansi untuk melakukan perbaikan di sektor layanan publik.

"Saya mengapresiasi upaya Ombudsman RI untuk melakukan penilaian kepatuhan dalam meningkatkan pemenuhan hak masyarakat di dalam memperoleh pelayanan publik yang berkualitas," ucap Jokowi.


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik