Humor Gus Dur: Manusia dan Sifat Pendendam seperti Unta

Gus Dur (Foto: istimewa)

JAKARTA - Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur kerap dikenal dengan berbagai humor yang cerdas dan membuat orang-orang bakal terpingkal-pingkal.
Salah satunya humor Gus Dur paling dikenang yakni soal manusia dan sifat pendendam seperti unta.

Sore itu Gus Dur terlihat bercengkerama dengan beberapa tamu penting yang menemuinya di kediamannya di Ciganjur, Jakarta Selatan.

Meskipun tamu yang menemuinya adalah orang penting, Gus Dur tak pernah membedakan secara pelayanan. Semua tamu dari berbagai latar belakang ditemui dan dijamunya secara terhormat.

Pada kesempatan tersebut Gus Dur bercerita tentang hewan unta. Menurut Gus Dur hewan ini termasuk hewan yang panjang ingatan sekaligus mempunyai sikap pendendam.

“Panjang ingatan unta bisa sampai berapa lama Gus?” tanya salah seorang tamu polos, seperti dikutip dari laman resmi Gusdurian Jogja, Minggu (19/12/2021)

“Bisa sampai 10 tahun,” jawab Gus Dur.
“Luar biasa hewan ini. Mungkin pengaruh panjangnya perjalanan yang mereka sering lakukan di gurun,” tukas tamu lain menanggapi.
“Bisa jadi,” Gus Dur diplomatis.
Baca Juga: Jasa Raharja Kerja Sama dengan Korlantas Polri Hadirkan ETLE dalam Aplikasi JRKu

Gus Dur melanjutkan ceritanya, bila ada seseorang yang memukul unta itu, maka dia akan membalasnya pada kesempatan lain.
“Walaupun kejadiannya sudah 10 tahun,” sambung Gus Dur.

“Jadi kalau ada manusia yang tidak mau akur dan pendendam setelah 10 tahun berkonflik, maka ia bukan manusia, tapi unta,” seloroh Gus Dur disambut tawa para tamunya terbahak-bahak.


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik