Gresik, Wilayah Favorit Pencari Rumah di Jatim


JAKARTA, Kabupaten Gresik merupakan  paling prospektif bagi mereka yang hendak mencari hunian di provinsi Jawa Timur (Jatim).
Daerah ini menjadi area yang terus berkembang di kawasan metropolitan Surabaya atau yang dikenal sebagai Gerbangkertosusila (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan).

Wilayah yang menghadap Selat Madura dan Laut Jawa ini memiliki potensi untuk menjadi sunrise property didorong oleh perkembangan infrastruktur dan industri di dalamnya.

Dalam rilis yang diterima oleh redaksi Kompas.com, Rabu (29/12/2021), Country Manager Rumah.com Marine Novita menyampaikan area Gresik menjadi favorit karena memiliki harga hunian yang murah.

Saat ini, median harga di Gresik menurut data Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI) berada pada kisaran Rp 6,4 jutaan.

Angka ini lebih murah daripada Sidoarjo maupun Bangkalan yang turut menjadi pusat industri di Gerbangkertosusila.
Menurut Marine, indeks harga properti di Gresik secara kuartalan juga sedang tumbuh sebesar 4,53 persen pada Kuartal II-2021 lalu.
"Indeks ini lebih signifikan daripada wilayah lain di Gerbangkertosusila," imbuh Marine.

Selain itu, Kabupaten Gresik kini dilintasi tiga ruas tol yang terhubung dengan tol Trans Jawa, yakni tol Surabaya-Gresik, Surabaya-Mojokerto, dan Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM).
Kemudahan akses transportasi darat secara tidak langsung berhasil mempercepat perkembangan wilayah ini, khususnya bagi industri properti dan manufaktur.

Sejumlah kawasan kota mandiri dengan fasilitas yang lengkap seperti Gresik Kota Baru (GKB) dan Gem City berkembang tak jauh dari akses tol.
Terlebih wilayah Gresik yang cenderung belum begitu padat daripada Surabaya ataupun Sidoarjo menarik minat konsumen untuk datang.

Selain itu, kawasan industri besar seperti Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) tengah gencar dikembangkan di Gresik sehingga diperkirakan akan tersedia cukup banyak lapangan pekerjaan.

Selain Kabupaten Gresik, dua wilayah lainnya yang juga menjadi kawasan hunian idaman yang bisa dibeli di tahun 2022 adalah Tangerang Raya dan Kota Bogor.
Pembeli akan disuguhi berbagai pilihan properti terbaru dengan tawaran promo, diskon, dan hadiah serta suku bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) juga relatif masih rendah.



#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik