Bukan Bikin Mata Melek, Justru Ini 5 Bahaya Terlalu Sering Mengonsumsi Kopi Secara Berlebih!


Salah satu minuman favorit banyak orang dari berbagai kalangan baik usia muda maupun tua.
Kopi dapat dengan mudah ditemukan di berbagai daerah mulai dari warung biasa hingga coffee shop kekinian yang menarik. Tetapi kamu perlu perhatikan, terlalu sering minum kopi juga dapat menimbulkan bahaya terutama bagi kesehatan. Lalu apa saja bahaya terlalu banyak minum kopi?

Berikut 5 bahaya terlalu sering mengonsumsi kopi, yuk simak informasinya di bawah ini ya!

1. Insomnia atau Gangguan Tidur
Bahaya sering minum kopi yang sebagian masyarakat sudah tahu yaitu dapat memicu insomnia atau kesulitan tidur. Apabila kamu mengonsumsi kopi terlalu sering maka dapat membuat waktu tidur kamu menjadi berantakan dan tidak teratur. Oleh karena itu, konsumsi kopi seperlunya dalam waktu yang tepat dan jangan berlebihan.

2. Menimbulkan Kecemasan
Kandungan kafein yang terdapat pada kopi dapat menyebabkan aktivitas otak dan saraf lebih aktif. Hal tersebut dapat membantu menghilangkan rasa kantuk dan semangat serta konsentrasi meningkat. Tetapi mengonsumsi kopi secara berlebihan juga berbahaya karena mampu menyebabkan kecemasan yang berlebihan.

3. Memicu Efek Caffeine Withdrawal atau Kecanduan
Kafein yang terkandung dalam kopi membantu tubuh untuk melakukan aktivitasnya tetapi kafein dalam kopi juga dapat berbahaya. Sebab asupan kafein yang terlalu sering, membuat tubuh bergantung pada zat tersebut yang bikin kamu kecanduan. Efek kafein pun bekerja sehingga apabila kamu tidak minum kopi, kamu mungkin mengalami gejala sakit kepala, lemas, serta konsentrasi yang buruk.

4. Jantung Berdetak Cepat


Terlalu banyak mengonsumsi kopi juga dapat berpengaruh terhadap kinerja jantung yang membuat jantung berdetak sangat cepat. Selain itu detak jantung yang cepat dapat membuat kepala pusing dan pingsan. Seperti yang dilansir dari Frontier Magazine of Psychiatry, merekomendasikan penghentian konsumsi kafein bagi mereka yang memiliki detak jantung cepat.

5. Meningkatkan Tekanan Darah
Mengonsumsi kafein terlalu banyak dalam kopi dapat mempercepat detak jantung dan meningkatkan tekanan darah. Apabila kamu terus mengonsumsi kafein dalam dosis besar maka kamu berisiko mengalami tekanan darah tinggi.

Itu dia 5 bahaya yang mengintai kamu apabila suka mengonsumsi kopi terlalu sering. Maka dari itu, konsumsi kopi seperlunya dan jangan berlebihan ya, demi menjaga kesehatan tubuh kamu meskipun kamu sangat menikmatinya. Sebab, segala sesuatu yang berlebihan tidak baik, bukan? Semoga bermanfaat ya!


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik