Riset sebut DANA Jadi Dompet Digital dengan Pertumbuhan Pengguna Tercepat


Dompet digital DANA terus mencatatkan pertumbuhan di tengah pandemi. Berdasarkan survei terbaru dari YouGov, DANA menjadi dompet digital dengan pertumbuhan terpesat dalam jumlah pengguna, sekitar empat persen.

Jumlah pengguna DANA sendiri di kuartal III 2021 tumbuh hingga 43 persen, melanjutkan tren pertumbuhan di dua kuartal sebelumnya. Pertumbuhan ini tidak lepas dari bertambahnya pengguna baru di kalangan usia 25-34 tahun (32 persen dari jumlah pengguna DANA) dan kalangan usia di atas 35 tahun (34 persen jumlah pengguna DANA).

"Bertambahnya pengguna DANA juga merefleksikan tumbuhnya kesiapan keuangan digital masyarakat. Kami percaya, adanya percepatan adopsi digital keuangan ini kelak berimbas positif terhadap pemulihan ekonomi nasional dari tantangan pandemi," tutur Chief Marketing Officer DANA, Monita Moerdani dalam keterangan resmi yang diterima, Sabtu (13/11).

Berdasarkan survei YouGov, DANA ternyata menjadi dompet digital paling digemari untuk transaksi pengiriman uang. Dompet digital ini banyak dipilih untuk melakukan transfer uang (29 persen responden), setelah mobile banking (42 persen responden), dan transfer melalui ATM (38 persen responden).

Selain pengiriman uang, pertumbuhan jumlah pengguna dompet digital ini juga didukung penggunaan fitur yang meningkat dibandingkan kuartal kedua 2021, di antaranya untuk isi ulang pulsa ponsel (26 persen) dan pembayaran online commerce (17 persen). Fitur DANA Donasi juga makin banyak digunakan.

Persepsi pengguna terhadap aplikasi ini juga kian membaik di kuartal ketiga 2021, terutama pengguna di usia 18 hingga 24 tahun. Responden menilai DANA aman, proses pembayaran online yang mudah, terkoneksi dengan beragam aplikasi dan diterima di banyak tempat, user-friendly, dan bebas biaya administrasi.

Kinerja positif DANA ini juga tidak lepas dari kampanye #BEBASDRAMA yang digaungkan lintas kanal media, termasuk media sosial. Sebagai informasi, survei yang dilakukan YouGov ini melibatkan lebih dari 4.000 responden secara nasional.

Merdeka

#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik