Gokil.. Cadangan Emas RI Bisa Buat 268 Tahun!

Foto: Infografis/Gunung Emas Terbesar Dunia/Edward Ricardo

Jakarta, RI dianugerahi sumber daya alam yang melimpah, termasuk di sektor pertambangan, salah satunya yaitu emas. Khusus untuk emas, cadangan emas Indonesia tak tanggung-tanggung, bahkan disebut bisa untuk 268 tahun ke depan.

Hal tersebut disampaikan oleh Dedi Supriyanto, Koordinator Kelompok Kerja (Pokja) Rencana Induk Komoditas Minerba GSKM. Dia menyebut, hingga 2020, total sumber daya bijih emas RI mencapai 16 miliar wet metric ton (WMT) dan total cadangan bijih mencapai 4 miliar WMT.

"Secara sederhana, simulasikan berapa lama habisnya, ini umur cadangan kita asumsi tanpa penambahan cadangan produksi bijih 13,16 juta ton/tahun, cadangan 3,6 miliar ton, masih panjang umurnya 268 tahun," ungkapnya dalam webinar tentang Grand Strategi Komoditas Minerba, Selasa (02/11/2021).

Selain emas, Indonesia juga dianugerahi sumber mineral berupa perak yang umur cadangannya bisa untuk 213 tahun. Dia mengatakan, hingga 2020, jumlah sumber daya bijih perak Indonesia mencapai 10,4 miliar WMT dan jumlah cadangan bijih perak mencapai 2,8 miliar ton, dengan produksi bijih sekitar 13,16 juta ton per tahun.

"Dengan metode yang sama, prediksi umur cadangan 213 tahun untuk perak, dengan produksi 13,16 juta ton per tahun, simulasi ini bisa berubah tergantung tingkat produksi dan penambahan cadangan baru," jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, setidaknya ada empat program utama peta jalan untuk emas dan perak. Pertama, peningkatan ketahanan cadangan dan optimalisasi produksi bijih.

Kedua, peningkatan, optimalisasi dan efisiensi industri pengolahan-pemurnian. Ketiga, pengembangan industri fabrikasi, manufaktur, dan peningkatan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).
"Optimalisasi penggunaan produksi dalam negeri dan perancangan sistem daur ulang," jelasnya.

Berdasarkan data Minerba One Data Indonesia (MODI) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dikutip Selasa (02/11/2021) realisasi produksi emas RI mencapai 18,94 ton atau 59,81% dari target 31,67 ton.


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik