Doa Jawsan (Jausyan ) Kabir Pengganti Baju Besi Nabi SAW

#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik



Download poster Jawsan Kabir HD
Poster Jawsan Kabir HD

Imam Sajjad as menukil dari ayahnya yaitu Imam Husain as dan Imam Husain as menukil dari Imam Ali as dan Imam Ali as menukil dari Nabi Muhammad saw bahwa pada salah satu peperangan, Nabi Muhammad saw mengenakan baju besi yang berat sehingga menyulitkannya, kemudian malaikat Jibril as datang dan berkata: 

"Wahai Muhammad, Tuhanmu menyampaikan salam untukmu dan berfirman: Lepaslah baju besi itu dan sebagai gantinya bacalah doa ini sehingga kau dan umatmu akan terlindungi." 

Pemberian nama doa ini dengan nama doa Jausyan Kabir (dengan arti baju besi besar) karena hal ini. Namun peristiwa ini dalam literatur sejarah tidak disebutkan. Doa Jausyan Kabir hanya terdapat dalam kitab al-Mishbah dan al-Balad al-Amin yang ditulis oleh Ibrahim bin Ali Amili al-Kaf'ami.




Wirid Hirzul Jausyan secara harfiah memiliki arti “Penjaga Benteng”. Dari segi artinya dapat dipahami bahwa wirid ini merupakan wirid yang bersifat pelindung. Pelindung bagi orang-orang yang mengamalkannya agar terhindar dari berbagai hal yang buruk.   

Wirid ini sejatinya terdiri dari dua macam, yakni Hirzul Jausyan al-Kabir dan Hirzul Jausyan as-Shagir. Dari kedua macam hirzul jausyan tersebut, yang umumnya diamalkan dan dibaca oleh masyarakat, khususnya kalangan santri adalah Hirzul Jausyan al-Kabir.   

Wirid Hirzul Jausyan al-Kabir sebenarnya terdiri dari 1001 nama-nama Allah subhanahu wa ta’ala. Setiap sub bagian dari wirid ini dijeda oleh sebuah doa “Khallisna min an-nar ya Rabb” yang memiliki arti “Selamatkanlah kami dari api neraka, wahai Tuhan kami”.


Faedah dari wirid Hirzul Jausyan al-Kabir ini terbilang cukup banyak, dijelaskan secara gamblang dalam Syarah Hirzul Jausyan secara komplet dan cukup panjang. Berikut penulis kutip tiga faedah Hirzul Jausyan al-Kabir:   ومن كتبه في رق غزال وعلقه على أحد مريض يبرأ بإذن الله   “Barangsiapa menulis Hirzul Jausyan pada kulit rusa (kertas di masa lalu) dan ia gantungkan pada seseorang yang sakit, maka ia akan sembuh atas izin Allah” (Syarah Hirzul Jausyan, hal. 12).   ولو أن عبدا من عبيدي قرأ هذا الدعاء العظيم زال همه وغمه بإذن الله تعالى   “Jika hamba-Ku membaca doa ini, maka akan hilang rasa prihatin dan rasa sedihnya atas izin Allah” (Syarah Hirzul Jausyan, hal. 14).   وهو ألف اسم واسم واحد جعله الله تعالى حرزا وأمانا لمن يدعو به من أفات الدنيا والاخرة وشفاء   “Hirzul Jausyan terdiri dari 1001 nama Allah. Allah menjadikan doa ini sebagai perlindungan dan pengaman bagi orang yang berdoa dengan wirid ini dari bahaya dunia dan akhirat serta sebagai kesembuhan (atas penyakit)” (Syarah Hirzul Jausyan, hal. 21).

Download MP3 Doa Jawsan Kabir