China Diprediksi Tutup Tahun 2021 dengan Penjualan 3 Juta Unit Mobil Listrik


Baru-baru ini Chen Shihua, Deputi Sekretaris Jenderal China Association of Automobile Manufacturer(CAAM) menyatakan kepada Beijing News tahun ini penjualan mobil listrik di China akan mencapai 3 juta unit. Capaian itu akan melampaui target yang telah ditetapkan asosiasis sebelumnya yakni 2 juta unit.

Chen Shihua malah meyakini angka penjualan harusnya bisa melampaui 3 juta unit. Pasalnya menjelang akhir tahun krisis semikonduktor memaksa pabrik-pabrik mobil di China mengurangi produksi.

Dari Januari hingga September tahun ini, data CAAM menyebutkan produksi dan penjualan mobi dengan energi terbarukan di China mencapai 2,166 juta. Di saat yang sama penjualan mobil listrik malah telah mencapai 2,157 juta unit.

Penjualan mobil listrik yang besar-besaran diimbangi China dengan pembangunan infrastruktur pendukung mobil listrik. Chen Shihua mengatakan bahwa pada akhir September, ada sekitar 1,04 juta stasiun pengisian umum di China.

Dilihat dari tren perkembangan saat ini menurut Chen Shihua perusahaan mobil listrik masih bisa terus berkembang. Apalagi saat ini perkembangan mobil listrik di China mulai mengarah ke segmen baru. "Di masa depan mobil listrik akan terkonsentrasi di pasar kelas menengah," jelasnya.

Hal itu sendiri sudah mulai terlihat dengan larisnya penjualan mobil listrik murah buatan Wuling yakni Wuling Hong Guang Mini EV. Setelah Wuling beberapa pabrikan lainnya juga mulai berupaya mengembangkan mobil listrik murah seperti Chery dengan Chery QQ Ice Cream dan Baojun dengan Baojun EV.

Sindonews

#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik