Bill Gates Ingatkan Dunia Bersiap Hadapi Serangan Bioteroris, Minta WHO Bentuk Satgas


WASHINGTON, Pendiri Microsoft Bill Gates mengingatkan dunia untuk bersiap menghadapi serangan bioteroris di masa depan.

Gates menegaskan para pemerintahan dunia harus bersiap kembali terjadinya wabah atau serangan teroris lewat cacar di masa depan.
Dengan begitu, mereka harus menginvestasikan miliaran untuk penelitian dan pengembangan untuk menghadapinya.

Hal itu diungkapkan Bill Gates saat melakoni wawancara dengan Ketua Komite Pilihan Kesehatan Jeremy Hunt, untuk Pertukaran Kebijakan Pemikir.

Gates menyerukan pembentukan satuan tugas (Satgas) pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bernilai miliaran dolar.

“Akan dibutuhkan miliaran selama setahun untuk Satuan Tugas pandemi pada level WHO, yang akan melakukan pengintaian dan melakukan yang saya bilang ‘permainan kuman’ saat Anda berlatih,” katanya dikutip dari Sky News, Kamis (4/11/2021).

Ia pun mencontohkan bagaimana jika bioteroris membawa virus cacar ke sepuluh bandara. Menurutnya peran satgas itu akan sangat penting dalam kondisi tersebut.

“Ada yang namanya wabah alami, tetapi juga epidemi karena bioterorisme, yang mungkin lebih buruk dari apa yang kita rasakan sekarang,” katanya.
“Namun, kemajuan dalam ilmu kedokteran seharusnya memberi kita alat yang dapat melakukannya secara dramatis lebih baik,” tambahnya.


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik