Suhu Udara di Luar Angkasa Semakin Tinggi Akan Lebih Aman


Suhu udara di luar
pesawat saat berada di ketinggian 30.000 kaki lebih atau sekira 10.000 mdpl pernahkah Anda membayangkan?.

Seperti dikutip dari Telegraph, semakin tinggi pesawat, maka lapisan udara yang tipis akan membantu pesawat terbang lebih cepat, selain terhindar dari gunung-gunung tinggi.

Tapi, di ketinggian, suhu udara akan begitu dingin dibanding suhu permukaan tanah. Pada ketinggian 40.000 kaki misalnya, suhu udara bisa mencapai - 57C dan sekitar - 54C pada 35.000 kaki.

Terbang ribuan kaki di atas tanah juga berarti pesawat menghindari banyak cuaca buruk yang bisa kita rasakan di daratan.

Contohnya, mungkin pernah Anda rasakan, ketika cuaca di tengah perjalanan begitu cerah, tapi hujan atau mendung tebal saat mendarat.

Itu karena Troposfer atau lapisan atmosfer yang paling dekat dengan tanah adalah tempat di mana sebagian besar fenomena cuaca dunia terjadi. Pesawat akan lebih aman terbang di stratosfer, yang berarti lebih sedikit turbulensi.

Suhu udara di luar pesawat dengan terbang begitu tinggi akan membuat pesawat dapat menghindari dari lalu lintas udara lainnya, seperti pesawat ringan atau helikopter yang terbang rendah, serta serangga dan burung.

Sindonews

#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik