Setelah Down 7 Jam, Ternyata Facebook Cs Tak Sepenuhnya Pulih


Setelah bermasalah selama hampir 7 jam Senin lalu, aplikasi media sosial Instagram, Facebook, dan Messenger sekali lagi bermasalah untuk kedua kalinya minggu ini.

Seperti dilansir dari DailyMail Sabtu (9/10/2021) melaporkan bahwa masalah aksesibilitas terjadi kemarin (Jumat), beberapa hari setelah raksasa jejaring sosial yang terlibat membuat pembaruan menyusul gangguan enam jam secara global.

Menurut Down Detector yang melacak apakah layanan internet berfungsi seperti biasa, lebih dari 30.000 pengguna dilaporkan tidak dapat mengakses Instagram, kemarin sore.

Yang lain tidak dapat mengakses Facebook sementara 800 lainnya mengeluh tentang Messenger.

Seperti diketahui, awal pekan lalu pengguna ketiga aplikasi tersebut memang masih bisa membuka seperti biasa. Hanya saja semua aplikasi tersebut tidak mengalami pembaruan sehingga tidak bisa mendapatkan informasi terbaru.

Misalnya informasi yang ada di Facebook merupakan unggahan yang ada pada satu hari yang lalu. Bahkan pengguna tidak bisa membaca komentar yang ada di setiap unggahan. Begitu juga dengan Instagram yang belum bisa memberikan unggahan terbaru.

Uniknya ketiga aplikasi tersebut justru memberikan penjelasan melalui Twitter. Whastapp mengakui kalau mereka memang mengalami masalah untuk sementara ini meski belum dijelaskan apa penyebabnya.

"Kami segera bekerja untuk mengemmbalikan semuanya kembali normal dan memberikan info terbaru secepatnya," tulis WhatsApp di akun twitter resmi milik mereka.

Begitu juga dengan Facebook yang menulis pesan yang senada di akun Twitter resmi mereka. Hanya saja MIcke Schroepfer Direktur Teknologi Facebook memberikan sedikit penjelasan melalui sosial media yang sama.

"Kami mengalami masalah networking dan tim bekerja secepat mungkin untuk memperbaiki dan mengembalikan semuanya secepatnya," tulisnya.

Tidak dapatnya diakses ketiga aplikasi itu justru membuat warganet heboh di Twitter. Banyak warganet yang membandingkan tumbangnya tiga layanan Facebook dengan Twitter yang masih dapat digunakan secara normal.

Sindonews

#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik