NASA Bangun Jaringan Internet di Bulan untuk Misi Artemis


Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat, NASA, tengah berupaya membangun jaringan internet di bulan, LunaNet. Kehadiran jaringan internet di bulan diyakini akan semakin memudahkan para astronot NASA yang akan datang ke bulan pada 2024.

Diketahui saat ini NASA tengah menjalankan misi kembali ke bulan dengan target yang berbeda bernama Project Artemis. Dalam misi itu mereka akan mengirimkan astronot perempuan yang akan jadi perempuan pertama yang menjejakkan kaki di bulan.

Selain itu Project Artemis juga akan berupaya mengeksplorasi titik-titik bulan yang belum didatangi oleh astronot NASA yang pertama kali datang ke bulan, Neil Armstrong, Edwin Aldrin dan Michael Collins.

NASA meyakini eksplorasi tersebut akan berjalan maksimal apabila didukung dengan jaringan internet. Melalui jaringan internet itu nantinya seluruh astronot yang ada di bulan dapat dengan mudah melakukan eksplorasi. Pasalnya selama di bulan mereka dipastikan akan banyak berpindah-pindah untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai bulan.

Bagi NASA LunaNet adalah solusi dari lambatnya komunikasi dan transfer data dari bulan ke bumi dan sebaliknya. Disebutkan Screenrant, saat ini pemindahan data masih mengandalkan satelit luar angkasa atau antena berbasis darat. Setiap komunikasi dua arah antara bulan dan bumi berlangsung melalui jadwal yang telah ditetapkan. Hal inilah yang membuat komunikasi dan transfer data menjadi terbatas.

Untuk membuat jaringan internet di bulan, NASA akan membangun jaringan node yang ada di luar angkasa. LunaNet akan menggunakan akses jaringan node yang ada di bulan, satelit, dan stasiun bumi agar jaringan tersebut berjalan dengan baik.

Saat digunakan setiap node dana menyimpan dan mengalihkan peralanan data untuk mendapatkan jalur yang optimal sehingga bisa diterima dengan baik di bumi dan sebaliknya di bulan. Jadinya astronot yang ada di bulan dan para insinyur di bumi tidak perlu menanggu informasi diolah terlebih dulu sebagai informasi yang utuh melalui stasiun bumi.

"LunaNet adalah langkah awal untuk membangun jaringan internet sistem tata surya," tulis NASA.

Sindonews

#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik