Heboh Mobil Listrik Rp 60 Jutaan Masuk RI, Ini Penampakannya


Jakarta, Selama ini mobil listrik dinilai barang mewah karena harganya yang bahkan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan mobil berbasis bahan bakar minyak (BBM). Paling murah, harga mobil listrik saat ini masih di atas Rp 500 juta, jauh lebih tinggi dari kemampuan warga RI yang relatif "hanya" sanggup pada mobil di kisaran Rp 260 juta.

Namun kini ada gebrakan dari pabrikan mobil asa China, Wuling. Wuling Hong Guang Mini EV, mobil listrik yang paling laku di China ini diduga sudah hadir di Indonesia. Hal ini terlihat dari akun media sosial di YouTube beberapa waktu lalu.

Dalam video itu, memperlihatkan salah satu unit berwarna kuning varian teratas Mini EV, yakni Macaron, yang sudah diluncurkan pada April lalu di China.
Meskipun akunnya saat ini sudah menghilang, namun bocoran info itu menimbulkan pertanyaan dari banyak pecinta otomotif.

CNBC Indonesia coba mengonfirmasi kedatangan mobil ini kepada pihak agen tunggal pemegang merk (ATPM), yakni SGMW Indonesia, namun sayangnya belum bisa banyak bicara mengenai mobil ini.
"Kita belum bisa konfirmasi ya," kata Media Relations Wuling Motors Indonesia Brian Gomgom, Rabu (4/8/21).


Jika benar nantinya mobil ini bakal masuk ke Indonesia, maka ini akan membawa warna baru bagi kendaraan mobil listrik di Tanah Air saat ini, bahkan merusak pasar listrik yang ada. Pasalnya, salah satu keunggulan mobil listrik Wuling ini yaitu ada pada harga.

Di China, Mobil listrik ini cuma dibanderol 28.800 yuan atau setara Rp 61 jutaan saat peluncuran pada tahun 2020 lalu. Nilai tersebut bahkan jauh lebih murah dibandingkan mobil low cost green car (LCGC) di Indonesia saat ini, yakni Daihatsu Ayla seharga Rp 103,3 juta. Bahkan, sejak diluncurkan mobil ini tidak dilengkapi fitur audio dan air conditioner (AC).

Sementara itu Wuling Hong Guang hadir dalam tiga varian warna, yakni Avocado Green (hijau alpukat), Lemon Yellow (kuning lemon) dan White Peach Pink, yang dikembangkan bekerja sama dengan Pantone Universe.

Kendaraan listrik ini menghasilkan tenaga 20 kW (27 dk) dan torsi 85 Nm. Paket baterai bisa membawa mobil melaju hingga 170 km. Pemilik mobil dapat memantau pengisian daya dari jarak jauh. Mobil listrik China mungil ini memiliki kecepatan tertinggi 100 km/jam.

Hong Guang MINI EV diperkenalkan pada Juli 2020. Ini telah menjadi kendaraan energi baru terlaris di China dan cukup populer di kalangan generasi muda.
Berdasarkan data dari China Passenger Car Association (CPCA), pada Juni lalu mobil ini berhasil terjual sebanyak 29.143 unit. Lebih tinggi hampir dua kali lipat dibanding Tesla Model 3 yang terjual sebanyak 16.515 unit dan Model Y sebesar 11.623 unit.


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik