Gus Baha Jelaskan Tata Cara Menebus Sholat yang Puluhan Tahun Ditinggalkan



KH. Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha menjelaskan cara menebus sholat yang puluhan tahun ditinggalkan.
Seperti diketahui, sholat merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh umat Islam, hanya saja terkadang sering ditinggalkan.

Bahkan sholat merupakan hal pertama yang akan dihisab pada hari kiamat. Hal itu tertuang dalam hadits Nabi Muhammad SAW.
Lalu bagaimana cara menebus sholat yang puluhan tahun sudah ditinggalkan? Terkait hal itu Ketua Lajnah Mushaf Universitas Islam Indonesia (UII) Gus Baha memberikan cara yang bisa dilakukan.

Hal tersebut disampaikan Gus Baha dalam cuplikan sebuah video yang diunggah akun Instagram kajian.gusbaha pada Sabtu, 2 Oktober 2021.
"Saya berkali-kali bertemu dengan orang yang puluhan tahun tidak sholat. Saat sudah tobat, dia mau sholat," ujar Gus Baha.

Gus Baha lantas mengatakan saat menghadapi orang 'semacam itu' ia menegaskan yang penting memperbanyak istigfar.
"Saat dia menghadap saya, begini saja, pokoknya tiap sholat kamu lakukan dua kali," lanjut Gus Baha.

Gus Baha melanjutkan shalat yang kedua itu anggap saja untuk mengqodo sholat yang puluhan tahun ditinggalkan itu.
"Kalau kamu ingin sholat 10 tahunmu cepat terlunasi, tiap sholat kamu lakukan 10 kali, lalu nanti kamu tidak jadi tobat karena capek," jelas Gus Baha.

Menurut Gus Baha, Fiqh itu memiliki aturan yang sangat jelas, jika tidak sholat selama 10 tahun, maka harus diganti.
"Yang satu sholat hari ini, yang satu untuk sholat yang dulu ditinggalkan, karena kalau langsung dihitung, 10 tahun itu, sepuluh hari saja sudah berapa," kata Gus Baha.

"Sepuluh hari saja 50, berarti jika sebulan 150, 150 kali 12, banyak, kali 10 tahun, lihat taraweh saja dia takut," sambungnya.
Gus Baha juga menjelaskan jika Nabi Muhammad SAW pernah melakukan qodho sholat, dan itu semua disepakati para ulama ahli hadits.

"Masyhur, kisah dimana Nabi pergi dan tidur dalam gua, 'aku mengantuk Bilal', Tidurlah jika engkau ngantuk, jawab Bilal. Tapi aku khawatir tidak sholat subuh, Bilal menjawab: Ya Rasulullah saya menjamin nanti saya bangunkan, ternyata Bilal juga sama-sama tertidur," ungkap Gus Baha.

"Akhirnya sampai tersengat matahari, kalau disini sekitar jam 8, lalu Nabi terbangun, wahai Bilal mana janjimu? Saya mengalami apa yang engkau alami, jawab Bilal," pungkasnya.***


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik