Cara Hapus Memori HP Android yang Sering Cepat Penuh


Jakarta, Pengguna Android bisa melakukan sejumlah cara untuk membersihkan dan menghapus memori handphone (hp) yang kerap habis akibat aplikasi yang diunduh terlalu banyak hingga data yang menumpuk dalam ruang penyimpanan ponsel.

Ponsel pintar jenis Android memiliki rentang memori dari yang berkapasitas 16GB (sudah sangat jarang digunakan di masa sekarang) hingga yang paling besar mencapai kapasitas 1TB.
Memori internal pada sebuah ponsel menjadi elemen penting dalam kinerja ponsel tersebut. Ketersediaan ruang penyimpanan yang sedikit dapat mengganggu performa ponsel.

Maka dari itu pengguna perlu memerhatikan ruang penyimpanan agar ruang yang tersedia masih memungkinkan ponsel untuk bekerja secara optimal.
Namun jika ruang penyimpanan pada ponsel hanya tersedia sedikit, pengguna bisa melakukan beberapa cara untuk menanggulangi hal tersebut.

Fitur Manajemen Ruang Penyimpanan
Setiap ponsel Android dilengkapi dengan fitur manajemen file dan juga manajemen ruang penyimpanan.
Pengguna bisa menghapus data-data yang sudah tidak terpakai secara manual dengan menggunakan fitur manajemen file tersebut.

Selain itu, pengguna bisa menggunakan fitur manajemen ruang penyimpanan untuk mencari data-data yang memungkinkan untuk dihapus, seperti file dengan ukuran besar atau file ganda.
Untuk menggunakan fitur manajemen ruang penyimpanan ini pengguna dapat mengikuti langkah berikut:

1. Buka bagian Settings di ponsel Anda
2. Pilih Battery and Device Care
3. Lalu pilih Storage
4. Klik pada bagian Duplicate Files atau Large Files
5. Pilih File yang Anda ingin hapus

Hapus aplikasi yang jarang digunakan
Pengguna cenderung mengunduh berbagai aplikasi pada ponselnya terlebih aplikasi-aplikasi yang sedang ramai diperbincangkan. Namun tak jarang pengguna hanya menggunakan aplikasi tersebut dalam waktu singkat.

Aplikasi semacam ini jika dibiarkan menumpuk akan memenuhi ruang penyimpanan pada ponsel. Maka pengguna sebaiknya menghapus aplikasi yang dalam beberapa waktu ke belakang sudah mulai jarang digunakan.

Pengguna bisa menghapus aplikasi yang sudah tidak digunakan dengan langkah berikut:
1. Buka bagian Settings di ponsel Anda
2. Pilih Apps pada daftar yang tersedia
3. Pilih aplikasi yang ingin dihapus
4. Klik Uninstall

Foto dan video
Ponsel dengan kualitas kamera yang baik menghasilkan hasil foto dan video yang berukuran besar. Dan sistem pengiriman pesan instan sekarang pun memungkinkan untuk tidak mengirim file dalam ukuran aslinya.

Penggunaan ponsel dalam jangka panjang tentu saja akan membuat jumlah file foto dan video semakin banyak.
Selain itu, tren penggunaan sosial media juga menumbuhkan produksi konten dalam bentuk foto dan video.
Pengguna bisa menghapus beberapa file foto dan video melalui aplikasi manajemen file untuk mengurangi ruang penyimpanan yang terpakai.

Offline Maps
Google Maps memiliki fitur offline maps yang memungkinkan pengguna melihat peta tanpa menggunakan paket data. Hal ini akan sangat membantu, terutama di wilayah dengan kualitas sinyal yang kurang baik.
Meski sangat berguna, offline maps yang tersimpan di ponsel cukup menghabiskan banyak ruang. Pengguna dapat menghapus offline maps yang sudah terunduh dengan cara berikut:

1. Buka aplikasi Google Maps
2. Klik Foto Profil Anda yang terletak di bagian kanan atas.
3. Pilih Offline Maps
4. Klik pada ikon titik tiga di sebelah area yang sudah diunduh
5. Pilih Delete

Cache
Dilansir dari Android Authority, cache adalah data yang diperlukan oleh sebuah ponsel untuk dapat bekerja dengan cepat dan efisien, sehingga membersihkan cache akan memberi efek samping pada kinerja aplikasi tersebut. 

Namun jika pengguna ingin mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih lega, cara ini bisa menjadi pilihan. Berikut ini langkah-langkah untuk menghapus cache:

1. Buka bagian Settings di ponsel Anda
2. Pilih Battery and Device Care
3. Lalu pilih Storage
4. Klik pada ikon di kanan atas lalu pilih Advanced
5. Pilih Other Apps
6. Kemudian Anda bisa memilih cache di aplikasi yang ingin dihapus.

Factory Reset
Pengguna bisa melakukan factory reset jika metode-metode yang dilakukan untuk membersihkan memori masih belum cukup untuk memberikan ruang penyimpanan yang dibutuhkan.

Dilansir dari Mobile Internist, factory reset akan menghapus semua data yang ada di ponsel dan membuat ponsel seperti baru. Maka pengguna disarankan untuk melakukan backup pada file-file yang dianggap penting agar tidak hilang saat proses factory reset.


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik