Ada Alien Ngintip dari Planet Ini, Bumi Udah Gak Aman?


Jakarta, CNBC Indonesia - Alien dikabarkan mengintip kegiatan Bumi dari planet lain. Bagaimana nasib Bumi? Temuan ini berdasarkan laporan penelitian dua astronom asal Amerika Serikat. Terdapat kehidupan dari 29 planet di tata surya.

Penelitian itu didapatkan dari bayangan samar saat planet melewati depan matahari. Cara ini digunakan untuk melihat apakah terdapat kehidupan lain di luar angkasa.

"Salah satu cara kita menemukan planet adalah jika mereka menghalangi sebagian cahaya dari bintang induknya," sebut Direktur Institut Carl Sagan Universitas Cornell Lisa Kaltenegger, dikutip Global News, Senin (4/10/2021).

Bumi dilihat sebagai planet transit oleh sejumlah sistem bintang, ungkap Sagan. "Kami bertanya, 'Untuk siapa kita menjadi alien, jika orang lain mencari?'. Nah ada sepotong kecil di langit di mana sistem bintang lain memiliki kursi depan kosmik untuk menemukan Bumi sebagai planet transit," kata dia.

Ada sekitar 1.715 planet di tata surya yang masuk dalam kategoru ini. Lalu menyatu menjadi 46 sistem bintang.

Jumlah terakhir merupakan yang masuk dalam kategori jarak terdekat dengan Bumi. Serta planet-planet tersebut bisa mendengarkan siaran radio dan TV.

Peneliti mengungkapkan alasan mengapa menggunakan sistem bintang terdekat untuk penelitian ini. Ilmuwan senior dari American Museum of National history, Jackie Faherty beralasan bintang terdekat adalah yang menarik.

"Kami ingin menggunakan bintang terdekat. Ketika datang untuk menjelajahi dunia, yang terdekat dengan kita akan menjadi yang paling menarik," ungkap Faherty.

Planet yang disebutkan dihuni alien dan menemukan Bumi adalah Ross 12B. Sementara bintang B dan C Teegarden dikatakan akan menemukan Bumi dalam waktu 29 tahun lagi.

Temuan soal alien memang selalu menarik. Namun ternyata banyak ilmuwan yang tak setuju untuk berkontak dengan kehidupan di luar Bumi.

Salah satunya adalah fisikawan teoritis dan kosmolog Stephen Hawking bersama banyak pemikir lainnya melarang manusia melakukan kontak dengan alien. Alasannya karena kemungkinan mereka tidak senang ada kabar dari manusia.

Para pemikir tersebut menambahkan ada kemungkinan alien memiliki banyak ras. Alien memilih diam dan tak memperlihatkan dirinya untuk mengindari ancaman pada kehidupannya.


CNBCindonesia.com