Ya Ampun! Ribuan Orang RI di 'Daftar Hitam' Covid Berkeliaran

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengemukakan setidaknya ada 5.241 pengunjung yang masuk dalam kategori hitam aplikasi PeduliLindungi yang masih berkeliaran.

"Ini adalah kasus positif atau kontak erat yang beredar di mana-mana," kata Dante, dalam rapat kerja nasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Senin (27/9/2021). 

Aplikasi Peduli Lindungi memiliki fitur Safe Entrance dengan memindai QR Code. Setelah dipindai, akan ditemukan informasi dengan barcode yang ditandai dengan warna tertentu.

Warna yang tersedia adalah hijau, oranye, merah, dan hitam. Kategori hitam memang mewakili masyarakat yang terinfeksi Covid-19 atau memiliki kontak erat dengan pasien Corona.

"Hasil scan PeduliLindungi ternyata ada 5.241 pengunjung tidak sehat atau masuk kategori hitam," jelasnya.

Adapun masyarakat yang masuk kategori hitam ditemukan di sektor perdagangan sebanyak 3.876 orang. Di sektor ini pula masyarakat yang masuk kategori merah mencapai 181.268 orang.

"Ini yang kita harus hati-hati, masih banyak yang berkeliaran dan mencoba untuk masuk. Dengan PeduliLindungi, ini kita bisa skrining supaya yang benar-benar masuk adalah yang tidak menularkan," jelasnya.


TRIBUNNEWS.COM