Viral, Cincin Hitam Bisa Dipakai untuk Bayar Tol dan Belanja


Sebuah cincin digunakan sebagai alat pembayaran digital membuat heboh. Layaknya uang elektronik atau e-money, dalam video yang lagi viral itu seorang pria menggunakan cincin terselip di jarinya untuk membayar tol maupun belanja di Indomaret dan Alfamart.

"Kali ini kita tes cincin tol. Kita tempelkan sebelah di sini (mesin e-toll) dan terbukalah dia (palang pintu tol). Terimakasih. Ini cincin tolnya," katanya, dalam video itu seraya menunjukkan aksesori berwarna hitam di jari manisnya, seperti dikutip VIVA Tekno, Jumat, 24 September 2021.

Pria itu terlihat tidak menggunakan kartu e-money, tapi hanya mengenakan cincin saat melakukan pembayaran nontunai. Ketika cincin itu didekatkan mesin alat pembayaran, struk langsung tol keluar dan palang pintu tol terbuka.

Ia juga merekam momen saat berbelanja menggunakan cincin warna hitam itu untuk melakukan pembayaran. Kasir yang saat itu melayani sempat tidak percaya. Tapi akhirnya melakukan proses pembayaran secara digital dan transaksi pun sukses dilakukan.

Dari pantauan VIVA Tekno di marketplace Tokopedia, aksesori yang disebut smart ring ini dibanderol dengan harga Rp300 ribuan. Datang dari merek Jakcom R4 Smart Ring NFC atau Near Field Communication.

Di Jepang alat ini disebut Evering, yaitu cincin keramik yang menampilkan NFC untuk pembayaran tanpa kontak yang secara efektif memungkinkan penggunanya membayar barang dan jasa dengan menyentuhkan jari manisnya ke terminal pembayaran.

Evering dan Jakcom R4 Smart Ring NFC memiliki sertifikasi tahan air dan hemat baterai. Evering didukung Visa dan dapat diatur dari sebuah aplikasi. Sedangkan Jakcom R4 Smart Ring NFC memiliki layanan cloud yang tertanam dalam 2 set modul NFC. Cincin e-money itu bisa dipakai langsung tanpa install aplikasi untuk platform Android maupun iOS.

Sebagai informasi, jalan tol di Indonesia sudah menggunakan sistem nontunai atau cashless untuk transaksi. Jadi, para pengemudi mobil wajib menggunakan kartu khusus yang biasa disebut e-toll.

Uang dalam bentuk digital itu bisa menyimpan saldo dalam jumlah tertentu. Cara penggunaannya praktis, cukup tempelkan di mesin yang tersedia. Beberapa kartu e-money juga bisa berfungsi untuk transaksi ini. Komputer secara otomatis akan mendebit saldo sesuai dengan tarif tol.



#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik