Lagi, Opung Luhut Bawa Kabar Tak Sedap, Masyarakat Harus Siap-siap


Jakarta - Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan hasil rapat terbatas kabinet yang dilakukan Presiden Jokowi bersama jajaran terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Dia menyebut penularan Covid-19 di Tanah Air tidak hilang dalam waktu dekat ini, untuk dia meminta agar seluruh masyarakat menyiapkan diri untuk hidup berdampingan dengan wabah mematikan tersebut.

"Covid-19 ini tidak akan hilang dalam waktu yang singkat, dan kita perlu menyiapkan diri untuk hidup bersama Covid-19, karena ini akan berubah dari pandemik ke epidemik," ujar Luhut dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (6/9/2021).

Luhut Binsar menyampaikan PPKM diperpanjang kembali 7-13 September 2021. Menurut dia, situasi perkembangan Covid-19 di Jawa Bali terus mengalami perbaikan yang berarti. Hal ini ditandai dengan semakin sedikitnya kota-kabupaten yang berada di Level 4.

Luhut Binsar menyebut per 5 September 2021, hanya 11 kota/kab di Jawa-Bali yang ada di level 4 dari sebelumnya yang berjumlah 25 kota/kab. Peningkatan yang signifikan terjadi pada level 2 di mana jumlah kota/kab meningkat dari yang sebelumnya 27 menjadi 43 kota/kab.

Wilayah aglomerasi, DIY berhasil turun ke level 3, sementara Bali perkirakan butuh waktu 1 minggu lagi untuk turun ke level 3 dari level 4 akibat perawatan pasien di RS yang masih tinggi. 

"Apa yang dicapai kita bersama hari ini, tentunya bukanlah bentuk euforia yang harus dirayakan. Kelengahan sekecil apapun yang kita lakukan ujungnya akan terjadi peningkatan kasus dalam beberapa minggu ke depan," tegas dia.



#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik