Kembangkan Koperasi Disaat Pendemi Covid-19, Diskoperindag Bekali Pengurus Koperasi Tentang Penguatan Organisasi



GRESIK - Dinas Koperasi Perindustrian, Perdagangan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Diskoperindag dan UMKM) Kabupaten Gresik memberikan pembinaan kepada pengurus Koperasi, Rabu (22/9/2021). Hal itu untuk menciptakan kemandirian koperasi di tengah pandemic Covid-19 yang mulai membaik.  
 
Kepala Diskoperindag dan UMKM Kabupaten Gresik Agus Budiono mengatakan, keberadaan koperasi di masa pandemi covid-19 harus terus tumbuh dan berkembang. Sebab mereka memakai sistem gotong royong dari anggota dan untuk anggota. Sehingga, mereka harus terus dibina.  
 
Kegiatan pembinaan tersebut menghadirkan beberapa narasumber, mulai dari Bank Jatim, pegiat digital marketing dan pengembangan administrasi perbankan. “Kegiatan penguatan organisasi dan tatalaksana koperasi ini bertujuan menciptakan kemandirian usaha bagi koperasi di tengah pandemi covid-19, sehingga pengurus koperasi bisa membedakan yayasan pesantren dengan lembaga perkoperasiannya,” kata Agus. 
 
Lebih lanjut Agus menambahkan, dalam pembekalan tersebut diharapkan pengurus koperasi memperbaiki administrasinya, sehingga betul aktif di masyarakat dan betul administrasinya. “Dengan tertib administrasi, sehingga koperasi tersebut baik di masyarakat. Baik administrasi simpan pinjam, administrasi badan hukum dan pengembangan lainnya. Sebab, koperasi ini bersentuhan langsung dengan anggota, sehingga harus diperkuat administrasinya,” katanya.  
 
Dari penyuluhan tersebut disambut baik Rachmad Rofik (Gus Fik) Pendiri sekaligus Ketua Koperasi Arta Bersama Jaya (ABJ) mengatakan, dari pembekalan yang dilakukan Diskoperindag dan UMKM Kabupaten ini sangat bermanfaat bagi pengurus koperasi. Sehingga bisa menambah wawasan dan pengetahuan dalam mengembangkan koperasi.  
 
“Kita yang baru mendirikan Koperasi selama 7 bulan ini sangat berterimakasih atas pembekalan dari Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Gresik. Selama ini kami terus berusaha maksimal agar menjadi lebih bermanfaat bagi anggota kami,” kata Gus Fik yang juga pendiri komunitas GresikBaik.



#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik