Gali Kolam, Warga Gresik Temukan Benda Diduga Peninggalan Majapahit


Warga Sumberame, Kecamatan Wringinanom, Gresik, Jawa Timur, digegerkan dengan penemuan batu bata dan sejumlah koin kuno . Benda-benda kuno itu didapat saat melakukan penggalian kolam.

Melansir Clicks.id, penggalian kolam dilakukan di bawah pohon besar. Batu bata dan koin kuno itu diduga peninggalan kerajaan Majapahit.

"Terdapat ratusan keping batu bata merah dan juga uang kuno. Setelah itu, kami tak melanjutkan penggalian. Takut merusak tatanan yang ada di dalam kolam," terang salah satu warga, Nursilam, Kamis, 16 September 2021.

Sementara, penggalian dihentikan sambil menunggu penelitian dari Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan. Benda-benda lawas itu ditemukan di kedalaman dua meter.

Selain koin kuno dan tumpukan batu bata, benda lainnya turut ditemukan. Lumpang atau batu yang digunakan menumbuk padi, juga ditemukan di lokasi.

Dia menyebut, ada pula tumpukan batu bata yang tidak sengaja terangkat. Lantaran saat menggali menggunakan alat berat, sehingga sebagian besar sudah tidak utuh.

"Kami menunggu petugas yang berwanang untuk melihat temuan itu," katanya.

#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik