Fakta GB WhatsApp dan Ancaman Bahaya yang Intai Ponsel Kamu


Jakarta, Sejak beberapa waktu terakhir, terdapat aplikasi modifikasi (WA Mod) GB WhatsApp yang menawarkan berbagai fitur baru. Namun ternyata aplikasi itu memiliki bahaya bagi yang menginstallnya ke dalam ponsel.
GB WhatsApp adalah modifikasi dari aplikasi WhatsApp resmi. Platform itu bukan bagian dari perusahaan ataupun Facebook, namun dibuat oleh pengembang pihak ketiga, dikutip India TV News, Senin (27/9/2021).

Pengguna tidak akan menemukan GB WhatsApp di toko resmi seperti Google Play Store maupun App Store. Tapi harus mengunduhnya sebagai APK dan berasal dari situs web.
Aplikasi ini memang menawarkan pengalaman serupa dengan versi aslinya. Lebih menyenangkan lagi karena terdapat fitur tambahan yang bahkan tidak ada sama sekali di WhatsApp resmi.

Beberapa fiturnya seperti dua akun dalam perangkat yang sama, menyembunyikan tanda pesan telah dibaca, mengirim gambar beresolusi tinggi, fitur balasan pesan otomatis, dan banyak karakter untuk pembaruan status.
WhatsApp telah mengetahui keberadaan aplikasi kloningan ini. Perusahaan juga memperingatkan bagi mereka yang tetap ingin menggunakan aplikasi seperti GB WhatsApp tersebut.

Jika pengguna berkeras tetap menggunakannya maka akun WhatsApp asli dapat diblokir secara permanen. Pihak perusahaan juga menyebutkan tidak mendukung aplikasi pihak ketiga sebab tidak bisa memvalidasi keamanannya.

Aplikasi pihak ketiga ini dapat membahayakan data serta privasi pengguna, sebab sumbernya tidka bisa dipercaya. Ada kemungkinan juga aplikasi membawa virus dan malware yang membahayakan ponsel pengguna.

"Aplikasi tidak resmi ini dikembangkan oleh pihak ketiga dan melanggar Persyaratan Layanan kami. WhatsApp tidak mendukung aplikasi pihak ketiga ini karena kami tidak dapat memvalidasi praktik keamanannya," kata WhatsApp seperti dikutip laman FAQ.

Sebagai informasi, aplikasi yang tidak didukung perusahaan bukan hanya GB WhatsApp. Namun juga ada aplikasi lain salah satunya seperti WhatsApp Plus.


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik