Daftar 10 Profesi di Indonesia dengan Gaji Selangit

Gaji menjadi salah satu pertimbangan seseorang untuk memilih profesi. Ilustrasi. (Istockphoto/SARINYAPINNGAM).

Jakarta, Membicarakan besaran gaji dengan rekan sejawat masih menjadi topik tabuh, namun perkara gaji tidak bisa dilepaskan dalam hal memilih pekerjaan.

Selain gaji, tunjangan, dan manfaat (benefit) yang diberikan perusahaan kerap menjadi pertimbangan utama dalam mengambil tawaran pekerjaan. Lantas, pekerjaan apa yang menawarkan gaji paling menggiurkan?

Menurut International Education Specialists, ada lima pekerjaan dengan gaji selangit, yaitu Data Scientist, Digital Marketer, Ahli Software, Perencana Keuangan, dan Konsultan Bisnis. Kelima pekerjaan tersebut menawarkan gaji ratusan juta rupiah hingga miliaran rupiah, tergantung dengan skill dan tingkat kesulitan pekerjaan yang dihadapi.
Sedangkan khusus untuk Indonesia, melansir riset perusahaan rekrutmen MichaelPage, berikut adalah daftarnya:

1. Eksekutif Perusahaan
Posisi eksekutif di perusahaan merupakan urutan teratas daftar pekerjaan dengan bayaran tertinggi. Misal, gaji Chief Financial Officer, Chief Executive Officer, dan Chief Operating Officer berkisar dari Rp137 juta-Rp250 juta per bulan.
Rentang gaji tersebut berlaku untuk sektor properti & konstruksi, konsumen & ritel, bisnis & layanan keuangan, hingga industri & manufaktur.

2. Manajer Keuangan
Manajer atau kepala keuangan perusahaan mendapat gaji yang sesuai dengan besarnya tanggung jawab mereka mengelola keuangan perusahaan.

Selain memastikan keuangan perseroan sehat, manajer keuangan juga harus memproyeksikan anggaran berbagai departemen, mengidentifikasi manajemen risiko, mengevaluasi investasi dan memastikan bisnis tetap menguntungkan.
Maka tak heran gaji dibanderol di kisaran Rp115 juta per bulan.

3. Manajer Penjualan
Departemen penjualan (sales) adalah posisi vital untuk organisasi mana pun. Agar dapat bekerja maksimal memastikan perusahaan menghasilkan pendapatan, mereka harus diberi kompensasi sepadan.
Manajer penjualan pusat dapat mengharapkan digaji puluhan juta rupiah, tergantung pada industri, ukuran perusahaan, dan volume penjualan untuk perusahaan.

Mirip dengan peran manajer penjualan, direktur penjualan memperoleh penghasilan dari Rp113 juta-Rp175 juta sebagai imbal dari mengelola upaya strategis tim penjualan perusahaan dan memastikan tim memenuhi target penjualan yang diproyeksikan.

4. Manajer Risiko
Manajer risiko bertugas melindungi perusahaan dari berbagai risiko, baik itu risiko keuangan, risiko kepatuhan, atau risiko strategis.
Seorang profesional harus memiliki gelar terkini dan pengetahuan tentang peraturan dan regulasi yang terus berubah.
Pencegahan menjadi salah satu kunci dalam melindungi kepentingan perusahaan, karena itu perusahaan bakal memilih orang yang kompeten dengan tawaran gaji hingga Rp150 juta per bulan.

5. Direktur Pemasaran
Pemasaran merupakan salah satu aspek paling penting bagi perusahaan yang ingin memperoleh klien atau pelanggan baru. Selain itu, lewat pemasaran perusahaan dapat meningkatkan kesadaran merek dan menjangkau pangsa pasar yang luas.

Karena itu, posisi ini memerlukan profesional yang inovatif, yang dapat mencoba hal-hal baru sambil memahami cara berbicara kepada pelanggan saat preferensi dan harapan mereka berubah.

Tim pemasaran menjadi lebih kompleks dan tersusun sebagai tim yang bekerja sama menuju tujuan bersama. Para profesional yang ingin naik ke posisi Direktur Pemasaran dapat memperoleh penghasilan dari Rp110 juta hingga Rp150 juta per bulan.


6. Manajer Proyek
Menjadi kepala proyek menuntut berbagai tanggung jawab dan level stress yang tinggi guna memastikan proyek dapat dieksekusi sesuai rencana.
Sebagai orang kunci untuk mengatur dan menyelesaikan proyek, manajer proyek atau direktur pelaksana dapat menghasilkan dari Rp130 juta hingga Rp140 juta per bulan.

7. Direktur Teknik
Direktur atau manajer divisi engineering merupakan pemimpin departemen teknik sebuah perusahaan. Sebagai direktur teknik, mereka mengemban tugas merencanakan dan mengarahkan aspek kegiatan teknik, mulai dari mempekerjakan dan melatih anggota tim baru hingga mengelola proyek dan anggaran teknik.
Seorang direktur teknik di berbagai industri dapat memperoleh jumlah yang bervariasi, dari Rp117 juta hingga Rp129 juta per bulan.

8. Kepala Rantai Pasokan
Kepala rantai pasokan bisa mendapatkan gaji hingga Rp103 juta per bulan, mengingat tugas yang dimiliki cukup kompleks.

Ketika industri manajemen rantai pasokan berkembang merangkul otomatisasi digital, direktur operasi dituntut untuk dapat mengarahkan perjalanan dari sentra produksi hingga ke tangan konsumen dengan efisien.

9. Direktur Pengadaan
Kepala pengadaan bertugas mengawasi pembelian perusahaan, bekerja sama dengan tim keuangan dan logistik untuk menetapkan strategi dan kebijakan pembelian.

Selain membuat keputusan yang menguntungkan, kepala pengadaan juga membutuhkan kombinasi riset pasar, manajemen, negosiasi, dan keterampilan komunikasi. Menurut riset MichaelPage, mereka menghasilkan gaji hingga Rp99 juta per bulan.

10. Penasihat Hukum
Berpenghasilan dari Rp57 juta hingga Rp91 juta, peran penasihat hukum yang dipekerjakan oleh perusahaan publik lebih dari sekadar pengacara.

Pejabat hukum harus memanfaatkan pengetahuan industri dan berfungsi sebagai penasihat bisnis untuk atasan. Selain itu, penasihat hukum perlu membantu mendorong efisiensi dalam organisasi mereka dengan memanfaatkan legalitas atau hukum yang berlaku.


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik