Cek HP Segera! Ini Tanda-tanda WhatsApp Disadap dan Dibajak

Foto: Infografis/5 Tips Aman Pakai WhatsApp Tanpa Harus Pindah ke Telegram Cs

Jakarta, Pengguna WhatsApp harus benar-benar memperhatikan akun miliknya. Sebab, aplikasi bertukar pesan milik WhatsApp ini menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak jadi incaran para penjahat dunia maya (cybercrime).

WhatsApp memang memiliki fitur keamanan end-to-end encryption di mana pesan WhatsApp hanya bisa dibaca dan dilihat oleh pengirim pesan dan penerima pesan saja. Namun ini tak bisa mencegah WhatsApp disadap dan WhatsApp dibajak.

Akun WhatsApp dibajak dan Disadap jika ada aktivitas yang tidak dilakukan penggunanya. Berikut tanda-tanda akun WhatsApp disadap seperti dikutip dari Media sosial Siber Polri dikutip Senin (13/9/2021):

1. Akun pengguna mendadak logout atau keluar sendiri dari aplikasi WhatsApp
WhatsApp hanya mengizinkan penggunaan akun WhatsApp dengan nomor ponsel sama pada satu smartphone. Ketika akun WhatsApp kamu keluar dengan sendiri artinya ada pihak lain yang menggunakan akun WhatsApp dengan nomor ponsel yang sama di smartphone lain.

2. Pesan telah terbaca
Kamu merasa belum membaca pesan tetapi pesan itu ada centang biru tanda sudah terbaca, kemungkinan besar akun WhatsApp telah dibajak dan disadap.

3. Ada pesan terkirim ke kontak tertentu tanpa sepengetahuan pengguna
Jika kamu merasa tidak pernah mengirim pesan kepada orang yang bersangkutan, maka patut dicurigai seseorang telah meretas akun WhatsApp kamu.

4. WhatsApp Web tiba-tiba aktif
Untuk mengecek apakah orang lain menggunakan akun WhatsApp kamu atau tidak, klik iklon tiga titik di kanan atas tampilan aplikasi WhatsApp kemudian pilih mode WhatsApp Web. Di sana akan terlihat pad aplikasi apa WhatsApp kamu terkoneksi.


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik