Whatsapp Resmi Luncurkan Fitur Transfer Chat dari iOS ke Android


WhatsApp resmi menggulirkan fitur transfer chat WhatsApp dari platform iPhone (iOS) ke Android. Dengan begitu, pengguna aplikasi pesan instan, WhatsApp, akan segera dapat memindahkan riwayat obrolan atau transfer chat WhatsApp sesama perangkat iOS dan Android.

"Untuk pertama kalinya di smartphone Android, pengguna kini bisa memindahkan seluruh pengalaman WhatsApp, termasuk riwayat percakapan dan foto, dari iPhone lama ke ponsel Galaxy teranyar mereka," kata perwakilan Samsung dalam gelaran Galaxy Unpacked seperti dikutip dari Tech Radar.

Selain itu, Kepala WhatsApp di Facebook, Will Cathcart, juga mengumumkan fitur tersebut melalui akun twitter pribadinya. Dia juga menambahkan bahwa fitur itu akan tersedia pertama kali di perangkat terbaru Samsung.

Perusahaan perpesanan asal Korea Selatan itu berencana untuk menjaga riwayat obrolan tetap aman dengan enkripsi ujung ke ujung. Fitur itu akan berfungsi dengan perangkat Samsung dan alat transfer Samsung sendiri, yang dikenal sebagai Smart Switch.

Mengutip CNET, saat ini Smart Switch membantu pengguna mentransfer kontak, foto, musik, pesan, catatan, kalender, dan lainnya ke perangkat Samsung Galaxy. Oleh karena itu, selain teks, menurut juru bicara WhatsApp, pengguna juga dapat memindahkan foto dan pesan suara antar platform.

WhatsApp memamerkan fitur terbarunya itu di acara Samsung Galaxy Unpacked, bersamaan dengan peluncuran perangkat terbaru Samsung, Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3. Duo ponsel lipat tersebut akan mendapatkan fitur pertama dalam beberapa minggu mendatang. Fitur tersebut nantinya akan digulirkan ke Android secara lebih luas.

WhatsApp tidak mengatakan kapan pengguna iOS akan mendapatkan akses, tetapi juru bicara WhatsApp mengatakan bahwa tim sedang berupaya untuk menghadirkan fitur tersebut kepada pengguna di seluruh dunia.

Manajer produk WhatsApp, Sandeep Paruchuri mengatakan fitur ini dirilis untuk memudahkan orang untuk mentransfer riwayat WhatsApp mereka dengan aman dari satu sistem operasi ke sistem operasi lainnya.

"Ini telah menjadi salah satu fitur kami yang paling banyak diminta dari pengguna selama bertahun-tahun dan kami bekerja sama dengan sistem operasi dan produsen perangkat untuk menyelesaikannya," katanya, mengutip TechCrunch.

Fitur transfer chat WhatsApp dari iPhone ke Android mulai hadir di WhatsApp iOS versi 2.21.160.16.

Anda bisa mengaksesnya dengan cara menu Settings > Chats, lalu pilih Move chat to Android atau Pindahkan chat ke Android.

Jika pengguna melewatkan langkah ini, riwayat chat tidak akan bisa dialihkan dari iOS ke Android, berarti seluruh riwayat chat akan lenyap.

Apabila ingin melanjutkan proses transfer, pengguna bisa membuka ponsel Android untuk memulihkan riwayat chat, foto, video, hingga pesan suara (voice note).

Terakhir, tunggu proses transfer riwayat chat WhatsApp dari iPhone ke Android hingga rampung.

Diketahui, fitur transfer chat WhatsApp dari iPhone ke Android masih terbatas di sisi Android saat ini. Hanya pengguna ponsel Samsung Galaxy Z Fold3 atau Galaxy Z Flip3 di Indonesia yang sudah bisa menjajal fitur ini. Karena Samsung memang vendor smartphone Android pertama yang mengumumkan fitur transfer chat iOS-Android ini tersedia di ponselnya, di acara Galaxy Unpacked 11 Agustus lalu ketika meluncurkan duo ponsel lipat anyarnya.

Product Manager WhatsApp, Sandeep Paruchuri mengklaim bahwa fitur transfer chat dari iPhone ke Android merupakan fitur paling banyak dinantikan penggunanya, selama beberapa tahun. Untuk mewujudkannya, WhatsApp bekerja sama dengan pengembang sistem operasi dan vendor perangkat.

Sebelumnya, WhatsApp telah meluncurkan fitur Lihat Sekali, untuk menampilkan foto dan video satu kali sebelum menghilang, mirip dengan pesan menghilang Snapchat.

#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik