Kisah Cinta Presiden Soekarno yang Pernah Menikah Hingga 9 Kali


Presiden pertama Indonesia sekaligus sang proklamator memang memiliki pesona yang luar biasa. Selain memiliki wajah yang tampan dan tubuh yang gagah, Soekarno memiliki kharisma yang sulit untuk ditolak. Soekarno berhasil membawa Indonesia ke gerbang kemerdekaan setelah melewati beragam lika-liku perjuangan. Tapi kalau bicara soal lika-liku, bukan hanya perjuangannya melawan penjajah saja yang memiliki cerita panjang. Kisah cinta Soekarno pun dikenal rumit dan penuh liku.
Selama hidupnya, diketahui Soekarno telah menikah sebanyak 9 kali. Meskipun begitu, tidak semua nama istrinya dikenal akrab oleh publik. Usia pernikahan Soekarno pun beragam, mulai dari yang sangat singkat hingga yang sangat lama. Berikut ini adalah 9 orang sosok perempuan yang pernah menjadi istri Soekarno.


Istri Presiden Soekarno
1. Siti Oetari (1921-1923)
Istri pertama Presiden Soekarno adalah Siti Oetari. Mereka menikah saat sama-sama masih berusia sangat muda. Soekarno saat itu berusia 20 tahun, sementara Siti Oetari berusia 16 tahun. Rasa cinta antara keduanya tumbuh saat Soekarno berada di kost milik ayah Siti Oetari yakni HOS Tjokroaminoto.
Pernikahan ini akhirnya harus bubar karena keduanya masih belum dewasa kala itu. Soekarno dan Siti Oetari memiliki dunia yang masih ingin dijelajahi masing-masing.

2. Inggit Ginarsih (1923-1943)
Cinta memang tidak memandang umur. Setelah bercerai dari Siti Oetari, Soekarno pindah ke Bandung dan bertemu dengan Inggit Ginarsih. Soekarno pun menaruh hati pada perempuan yang berusia 13 tahun lebih tua dari dirinya itu. Pernikahan mereka sangat awet, yakni mencapai 20 tahun. Sayangnya, mereka harus berpisah karena Inggit tidak mau dimadu.

Inggit adalah istri yang menemani Soekarno sejak awal perjuangannya untuk Indonesia. Karena itu, tetap banyak orang yang kagum dan hormat padanya meskipun ia tidak lagi menjadi istri Soekarno. Selama menikah, Soekarno dan Inggit tidak memiliki keturunan.


Istri Presiden Soekarno
3. Fatmawati (1943-1970)
Fatmawati merupakan nama istri Soekarno yang paling banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Hal ini karena Fatmawati termasuk salah satu saksi sejarah saat Soekarno membacakan proklamasi kemerdekaan. Selain itu, Bendera Merah Putih pertama Indonesia pun dijahit langsung oleh Fatmawati.

Pertemuan Soekarno dan Fatmawati terjadi di Bengkulu saat Soekarno sedang berada di pembuangan. Bersama Fatmawati, Soekarno dikaruniani 5 orang anak. Salah satunya adalah Megawati Soekarno Putri.

Soekarno dan Fatmawati diketahui tidak pernah bercerai. Meskipun begitu, Fatmawati memutuskan untuk keluar dari Istana Negara setelah Soekarno memutuskan untuk berpoligami.

4. Hartini (1953-1970)
Hartini adalah sosok istri Soekarno yang disebut-sebut membuat hubungannya dengan Fatmawati merenggang. Soekarno jatuh cinta pada Hartini sejak pandangan pertama dan akhirnya memutuskan untuk memboyongnya ke Istana Negara.

Hartini adalah sosok istri yang taat dan selalu mendampingi Soekarno saat melakukan kunjungan tugas. Ketika menikah dengan Hartini, Soekarno berpoligami dengan menikahi perempuan lain. Namun, hal ini tidak membuat Hartini mundur. Hartini adalah istri yang mendampingi Soekarno hingga akhir hayatnya.


5. Kartini Manoppo (1959-1968)
Kisah cinta Soekarno dan Kartini Manoppo terbilang unik. Soekarno pertama kali jatuh cinta pada Kartini Manoppo karena melihat wajah cantiknya dalam lukisan. Setelahnya, mereka sering bertemu dalam penerbangan karena Kartini Manoppo adalah pramugari di Garuda Indonesia. Cinta mereka akhirnya bersemi dan keduanya pun menikah di tahun 1959.

6. Haryati (1963-1966)
Soekarno jatuh cinta pada Haryati saat Haryati sering datang ke Istana untuk menari. Mereka pun akhirnya menikah di tahun 1963 saat Haryati berusia 23 tahun, sementara Soekarno saat itu sudah berusia 62 tahun. Sayangnya, pernikahan ini hanya bertahan 3 tahun saja.


Istri Presiden Soekarno
7. Ratna Sari Dewi/ Naoko Nemoto (1962-1970)
Perempuan cantik asal Jepang bernama Naoko Nemoto adalah istri Soekarno yang selanjutnya. Wajahnya yang cantik membuat Soekarno jatuh cinta saat bertemu dengannya. Ketika menikah dengan Soekarno, Naoko Nemoto pun mengubah namanya menjadi Ratna Sari Dewi.
Ratna Sari Dewi hingga saat ini masih aktif menjalani dunia seni yang ia sukai. Ia pun sesekali masih muncul di media Indonesia.

8. Yurike Sanger (1964-1968)
Yurike Sanger adalah sosok istri Presiden Soekarno yang ia nikahi di tahun 1964. Soekarno diketahui sering mengirim surat-surat romantis untuk Yurike Sanger. Tidak terlalu banyak informasi mengenai hubungan mereka berdua karena Soekarno memutuskan untuk berpisah saat kondisi negara sedang bergejolak.

9. Heldy Djafar (1966-1969)
Heldy Djafar diketahui sebagai perempuan terakhir yang dinikahi Soekarno. Saat itu, Heldy Djafar masih berusia 18 tahun, sementara Soekarno telah berusia 65 tahun. Sama seperti beberapa istri Soekarno lainnya, Heldy Djafar pun memilih untuk berpisah dsri Soekarno saat kondisi negara sedang bergejolak.


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik