Kacau! Marketplace Facebook Jadi Tempat Jualan Obat Aborsi

Foto: Penjualan Obat Aborsi (Tangkapan Layar)

Jakarta, Kemajuan teknologi membuat segalanya semakin mudah, termasuk untuk berdagang secara online melalui e-commerce atau marketplace. Berbeda dengan berjualan di toko fisik, di marketplace atau toko online biasanya barang yang dijual bisa beragam dan tidak ada batasan jenisnya.

Sayangnya hal ini juga dimanfaatkan untuk menjual produk yang harusnya tidak dipasarkan secara bebas. Salah satu contohnya pedagang yang secara bebas menawarkan berbagai obat aborsi di marketplace Facebook.

Berdasarkan penelusuran CNBC Indonesia, Penjual-penjual ini tidak ragu-ragu menawarkan obat aborsi dan mencantumkan nomor kontaknya bagi yang berminat membeli dengan sederet janji. Lokasi para penjual obat aborsi ini tersebar di Jakarta, Bekasi, Bogor, Depok, dan Tangerang.

Obat ini ditawarkan dengan berbagai varian harga, ada yang hanya mencantumkan Rp 150, namun ada juga yang mencantumkan Rp 500.000. Para penjual juga memberi embel-embel dalam setiap postingannya bahwa obat yang dijual asli.

Beberapa obat yang dijual merupakan kata yang merek yang tidak diketahui oleh orang awam, seperti Cytotec. Mereka menggunakan beberapa kunci agar orang bisa menemukan lewat google search maupun pencarian di Facebook.

Marketplace Facebook sendiri merupakan tempat di Facebook di mana orang bisa menemukan, membeli, dan menjual barang. Orang bisa menelusuri tawaran, mencari barang yang dijual di sekitar mereka, atau menemukan produk yang bisa dikirimkan.

Menampilkan inventaris untuk barang ritel, penyewaan rumah dan kendaraan, serta tiket acara. Kemudian mengiklankan toko atau barang Anda di Marketplace untuk menjangkau lebih banyak orang, meskipun bisnis tersebut tidak memposting secara langsung di Marketplace.

Marketplace juga bisa menampilkan barang baru atau diperbarui dari toko Halaman Facebook di Marketplace secara gratis dan pelanggan bisa bertransaksi tanpa beralih dari Facebook. Pihak Facebook juga memberikan catatan bahwa fitur ini terbatas untuk penjual yang memenuhi syarat dan memiliki toko dengan proses pembayaran.


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik