Ini Rahasia Berjayanya Kerajaan Majapahit

Foto: Nu Online)

KONDISI alam daerah sekitar Trowulan, yang disebut sebagai ibu kota Kerajaan Majapahit sangat mendukung proses berkembangnya kerajaan hingga mencapai puncak kejayaannya.

Lokasi yang cukup datar dan kondisi tanah yang cukup stabil sangat baik untuk tempat pemukiman. Tanah yang subur serta ketersediaan air menyebabkan daerah ini surplus bahan makanan. Demikian dikutip dari buku "Majapahit, Batas Kota dan Jejak Kejayaan di Luar Kota", editor Prof Dr Inajati Adrisijanti yang diterbitkan Kepel Press, 2014.

Selain dukungan faktor alam, berkembangnya Trowulan hingga mencapai kejayaan Majapahit tidak terlepas dari masyarakat pendukungnya. Dengan kecerdasannya masyarakat Majapahit mampu mengubah bencana menjadi potensi yang menguntungkan bagi kehidupan mereka.

Letaknya yang strategis sangat mendukung terhadap proses tumbuhnya Majapahit baik dari jalur darat maupun jalur air. Terbukti bahwa di masa itu Majapahit dapat berkembang pesat dengan dukungan berbagai aspek yang terutama berasal dari dukungan faktor alam serta, sistem pemerintahan serta masyarakat pendukungnya.

Selain dukungan faktor alam, berkembangnya kerajaan Majapahit terutama pada masa pemerintahan Hayam Wuruk juga didukung oleh beberapa faktor, yaitu:
1. adanya sistem pemerintahan yang efektif
2. adanya keajegan/kestabilan pemerintahan
3. kehidupan agama yang baik
4. terselengggaranya upacara kemegahan di istana
5. tumbuh kembangnya berbagai kesenian
6. hidupnya perniagaan Nusantara dengan Jawa (Majapahit)
7. pelaksanaan politik Majapahit terhadap nusantara
8. adanya pengakuan internasional dari negara-negara lain di Asia.

Luasnya wilayah Majapahit bukan merupakan hasil ekspansi politik semata, melainkan karena alasan yang didorong oleh kepentingan perdagangan yang perlu dilindungi dengan menempatkan daerah-daerah itu sebagai pangkalan yang memang harus dikuasai.


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik